Bagaiman cara mengatasi tulang rahang yang berbunyi?

DD Info Penanya: DD, Wanita
Halo Dok, saya mau tanya bagaimana untuk mengatasi tulang rahang yang bunyi secara manual atau yang bisa dilakukan dirumah?,Karna dengan situsi virus corona diindonesia saat ini menyebakan saya susah untuk keluar rumah berobat kedokter. Sedangkan jika memanggil dokter datang kerumah saya tidak mempunyai cukup uang.Terima kasih sebelumnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DD,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gejala yang Anda alami kemungkinan bisa disebakan oleh gangguan pada sendi temporomandibular (TMJ). Sendi TMJ merupakan hubungan antara rahang bawah dengan tulang kepala bagian temporal, dimana merupakan sendi yang berfungsi pada saat pergerakan membuka dan menutup mulut.

Gejala yang sering timbul adalah nyeri, kaku pada rahang, bunyi pada pergerakan rahang, kelelahan pada otot wajah. Gangguan sendi TMJ ini biasanya tidak berbahaya, namun cukup mengganggu kenyamanan. Beberapa faktor penyebabnya adalah :

  • Gangguan pada posisi gigi
  • Peradangan pada sendi TMJ
  • Cedera misal terpukul atau kecelakaan
  • Kebiasaan mengeretakan gigi dan juga stres psikologis yang dapat meningkatkan tegang pada otot rahang

Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan :

  • Konsumsi makanan yang lunak
  • Tidak membuka mulut terlalu lebar seperti saat tertawa atau menguap
  • Kompres pada area yang nyeri dengan kompres hangat

Namun bila dengan cara-cara diatas keluhan Anda belum membaik sebaiknya konsultasikan ke dokter THT atau dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit rahang dapat disebabkan karena membuka membuka mulut terlalu lebar, radang sendi rahang, sakit gigi dan gusi, sinus, dan sakit saraf

Sakit Rahang Mengganggu Aktivitas Sehari-hari, Atasi Segera dengan Cara Ini

Sakit rahang biasanya terjadi saat menggigit atau mengunyah makanan. Sakit rahang dapat disebabkan karena membuka membuka mulut terlalu lebar, radang sendi rahang, sakit gigi dan gusi, sinus, dan sakit saraf. Nyeri pada rahang dapat diatasi dengan kompres menggunakan es, memijat rahang, dan menghindari makanan yang keras.