Cara mengatasi tenggorokan gatal, terutama di malam hari sampai menganggu tidur.

YJ Info Penanya: YJ, Wanita, 20 Tahun
Dok, mau tanya nih, cara mudah untuk mengatasi tenggorokan yang gatal itu gimana ya ? Soalnya saya kalau tenggorokan gatal harus batuk sekuat-kuatnya dan kadang dalam durasi yang cukup lama agar tenggorokan terasa enak, tapi tidak lama kemudian tenggorokan gatal itu muncul lagi yang membuat saya mengulangi cara yang sama, saat malam hari waktu untuk tidur tenggorokan gatal semakin jadi, alhasil saya tidak dapat tidur dengan nyenyak, kebangun karena batuk-batuk gak henti itu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, YJ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sakit atau gatal di tenggorokan biasanya disebabkan flu atau infeksi virus atau bakteri. Bisa juga akibat iritasi debu dan polusi udara. Pada saat tenggorokan gatal jangan batuk sekuat-kuatnya karena hanya menambah gatal dan nyeri. Bahkan bila terlalu sering batuk malah semakin radang dan bisa luka. Apakah anda atau di keluarga memilki riwayat alergi? Hindari juga zat-zat yang bisa memancing alergi seperti debu, asap, bulu binatang, tungau atau serbuk tanaman.

Gejala radang tenggorokan lainnya dapat berupa:

  • Demam
  • Amandel merah dan bengkak
  • Bercak putih di tenggorokan
  • Bintik-bintik kecil 
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit perut
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah
  • Ruam

Untuk mengatasinya banyak minum air hangat, kurang bicara agar tenggorokan terasa lebih enak, dan gunakan obat batuk sirup yang dijual bebas. Kebanyakan akan memberi efek samping mengantuk sehingga tidur anda bisa lebih nyaman di malam hari. Berikut artikel mengenai cara alami mengurangi tenggorokan gatal.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Faktor risiko utama dari penyakit batuk kronis adalah kebiasaan merokok

Hati-hati, Kebiasaan Merokok Bisa Sebabkan Batuk Kronis!

Rokok telah lama diketahui dapat memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah batuk. Bahkan, merokok bisa berujung pada batuk kronis. Batuk dikategorikan kronis apabila tidak kunjung sembuh selama 8 minggu. Tembakau di dalam rokok memiliki sejumlah zat kimia yang berbahaya bagi tubuh tertutama untuk saluran pernafasan dan peradangan dalam tubuh.