Cara Mengatasi Telinga yang Kemasukan Air

HG Info Penanya: HG, Pria, 23 Tahun
Halo Dokter, saya ingin bertanya, Bagaimana cara menyembuhkan telinga yang kemasukan air dan belum kunjung kering ya? Lalu apakah bisa hal tersebut dapat menyebabkan penyebaran kuman yang dapat menimbulkan nanah di telinga nantinya? Terima kasih atas jawabannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak HGF,

Air yang masuk dalam telinga dapat dikeluarkan dengan cara mengisi kembali telinga dengan air bersih sampai benar-benar teras penuh, kemudian dikeluarkan dengan cara memiringkan kepala ke sisi telinga yang dimasukkan air tadi. Adanya tekanan air dan gaya tarik akan menyebabkan seluruh air keluar dari telinga dan menarik air yang sebelumnya sudah ada di dalam telinga. Kemudian usahakan untuk selalu tidur dengan posisi badan miring, dan telinga yang kemasukan air diarahkan kebantal atau kebawah.

Namun bila tidak berhasil mengeluarkan air dari telinga atau  Bapak tidak merasa nyaman dengan tindakan ini, sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (Sp. THT) maka Dokter akan mengeluarkan air dengan cara disedot dengan alat suction telinga.

Betul sekali, air yang masuk kemungkinan adalah air yang sudah terkontaminasi dan mengandung kuman, yang lama kelamaan akan menimbulkan infeksi dan mengeluarkan nanah karena menyebabkan pecahnya gendang telinga.

Maka sebelum terlambat, sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan (Sp. THT) untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa penyebab vertigo, mulai dari otosklerosis. stroke, hingga migrain

Hati-hati dengan Ragam Penyakit yang Menjadi Penyebab Vertigo Ini

Anda mungkin pernah mengalami vertigo, tapi tidak menyadarinya. Vertigo adalah suatu gejala medis yang membuat Anda merasa adanya pergerakan ruangan di sekitar. Kondisi ini juga seakan-akan membuat Anda merasa bergerak, padahal tidak. Penyebab vertigo sendiri, dapat beragam. Apa saja?