Cara mengatasi serangan panik?

BI Info Penanya: BI, Wanita, 2019 Tahun
Cara mengatasi gangguan panik, saat terjadi serangan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BI 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Serangan panik dapat terjadi pada semua orang, ini merupakan respon normal bila ada pemicu seperti stres atau tekanan. Setelah pemicunya hilang maka panik atau cemasnya akan berkurang. Namun bila keluhan terus berulang, tanpa pemicu yang jelas dan mulai menganggu aktivitas sehari-hari maka anda mengalami gangguan panik atau panic disorder. Penyebabnya belum diketahui dengan pasti tapi faktor resikonya termasuk faktor keturunan, gangguan fungsi otak, stres dan depresi.

Cara mengatasinya terutama dengan curhat atau konseling bisa dengan tenaga ahli seperti dokter spesialis kedokteran jiwa atau psikolog. Anda akan dilatih cara untuk mengurangi gejala saat serangan panik datang. Misalnya dengan latihan nafas dan teknik relaksasi. Bila dirasakan perlu bisa juga diberikan obat psikotropika yang memerlukan resep dari dokter. Kemudian anda juga perlu melakukan aktivitas untuk relaksasi seperti olahraga, yoga, meditasi serta pola hidup sehat dimana anda istirahat cukup, tidak merokok atau minum alkohol. 

Anda juga bisa membaca artikel untuk mengenali gejala serangan panik.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan psikologis erat kaitannya dengan praktik bunuh diri

Pahami Tanda-Tanda Bunuh Diri Berikut pada Penderita Gangguan Psikologis

Bunuh diri erat kaitannya dengan gangguan psikologis, termasuk gangguan kepribadian ambang. Sebanyak 80% pengidap gangguan psikologis ini melakukan setidaknya satu kali usaha untuk mengakhiri hidup mereka. Menunjukan perilaku yang ganjil dan tidak rasional hingga perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang berlebihan dapat menjadi tanda dari bunuh diri.