Cara mengatasi sembelit atau sulit BAB?

QO Info Penanya: QO, Pria, 2019 Tahun
Bagaimana cara mengatasi masalah sembelit. Atau susah BAB
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, Q

Terima kasih atas pertanyaannya.

Sembelit atau dalam bahasa medis disebut constipation. Bisa mengenai segala usia dari bayi sampai lansia. Seseorang yang mengalami sembelit yaitu bila BAB kurang dari 4x seminggu. Penyebabnya dipengaruhi pola makan yang kurang serat dan asupan air agar kotoran tetap lunak. Selain itu kurang aktivitas dan olahraga, perubahan pola makan atau sering menahan BAB. Faktor psikis seperti stres, depresi atau cemas. Beberapa obat juga memiliki efek samping sembelit seperti antasida, anti nyeri, anti depresi, anti kejang dan golongan narkotika. Beberapa kondisi klinis juga bisa mengakibatkan sembelit/konstipasi seperti diabetes, gangguan pencernaan sampai dengan gangguan hormonal, pada wanita ditambah kehamilan.

Untuk terapinya menggunakan obat golongan pencahar dan perubahan gaya hidup serta pola makan. Bila keluhan sudah lama anda alami, sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasi dengan Spesialis Penyakit Dalam terutama ahli pencernaan. Anda juga dapat membaca artikel mengenai Cara Mengatasi Sembelit.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut sebelah kiri bawah salah satunya disebabkan oleh penyakit divertikulitis.

Sakit Perut Sebelah Kiri Bawah? Hati-Hati Divertikulitis

Sakit perut sebelah kiri bawah adalah gangguan yang salah satu penyebabnya divertikulitis. Rasa sakit muncul ketika divertikula terinfeksi atau mengalami peradangan.