Cara mengatasi scabies pada anak

ER Info Penanya: ER
Assalaamu alaikum Dokter...mohon maaf, Anak sy skrg berumur 11 bulan dan sudah 2 bulan lebih menderita gatal2 scabies setelah 3 kali sy bawa ke puskesmas tetapi msh blm ad perkembangan malah seperti tambaah banyak keluar benjolan kecil2 seperti jerawat pada lengan dan kaki...mohon saran atau solusinya Dok...apa yang harus sy lakukan?kasian anak sy...apalagi pas malam tidurnya jd tidak nyenyak?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ER,

Scabies adalah infeksi yang disebabkan oleh parasit yaitu kutu dengan nama Sarcoptes scabiei. Kondisi ini sering kali menyerang lingkungan yang kurang bersih dan menyerang komunitas seperti pada lingkungan pada seperti di asrama misalnya. Infeksi kutu atau kudis ini sendiri bisa menular melalui sentuhan langsung ataupun dari benda yang terpapar seperti kasur, pakaian, sofa, bantal dan lainnya.

Untuk itu sering kali penyembuhan tidak optimal karena lingkungan tinggal masih terdapat kutu yang tersisa. Jadi perlu juga dilakukan pembersihan baik pada kasur, sprei, bantal, karpet dan perabotan lainnya dengan sabun dan air panas. Selain itu orang lain serumah pun perlu dilakukan pemeriksaan dan pengobatan karena bisa menular dengan cepat. Jika tidak diobati semua bisa terjadi ping pong dari yang sakit ke yang sembuh dan berulang-ulang sehingga dirasakan tidak sembuh-sembuh.

Scabies juga bisa memicu iritasi dan infeksi bakteri, jadi jika timbul koreng ataupun nanah bisa menandakan adanya infeksi sekunder yang perlu penanganan lebih lanjutd dengan pemberian obat untuk gejala dan antibiotik untuk infeksi sekunder selain juga mengatasi kutu yang menjadi infeksi utamanya.

Periksakan anak dan juga anggota keluarga lain serumah pada dokter kulit untuk mengatasi scabies hingga bersih. Jika memungkinkan ada baiknya juga bisa mengganti perabot yang bisa menjadi penularan dari scabies dan juga bisa tambahkan pengoabatan menggunakan bahan alami untuk meredakan gejala. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bakteri necrotizing fasciitis dapat dicegah dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih

Cegah Bakteri Pemakan Daging dengan Perilaku Hidup Sehat!

Melakukan pola hidup sehat dan bersih akan mencegah terserangnya penyakit atau infeksi tertentu. Salah satu infeksi bakteri yang bisa dicegah dengan perilaku hidup sehat adalah necrotizing fasciitis atau bakteri pemakan daging.