Cara mengatasi rabun jauh

YS Info Penanya: YS, Pria, 2019 Tahun
Bagaimana mengatasi rabun jauh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang YS,

Rabun jauh atau miopia merupakan salah satu jenis gangguan refraksi yang membuat penderitanya kesulitan untuk melihat benda yang letaknya jauh. Rabun jauh sendiri disebabkan karena perubahan pada bentuk bola mata atau kornea yang terlalu melengkung sehingga tidak fokus dengan benar sehingga menimbulkan penglihatan kabur. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan tajam penglihatan.

Rabun jauh atau miopia sendiri bisa diatasi dengan mengkoreksi tajam penglihatan dengan menggunakan kacamata, lensa kontak ataupun dengan tindakan operatif untuk menghilangkan rabun jauh seperti dengan operasi lasik. Selain itu perlu juga menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, batasi penggunaan layar gadget, dan jaga kebersihan mata.

Untuk itu apabila kesulitan untuk melihat benda jauh, kesulitan membaca papan petunjuk lalu lintas saat berkendara, kesulitan membaca tulisan jauh saat menonton bioskop atau saat berada di kelas maka perlu untuk segera dilakukan pemeriksaan agar dilakukan tindakan koreksi agar penglihatan kembali optimal. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mata gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi

7 Penyebab Mata Gatal dan Cara Mudah Mengatasinya

Mata gatal mungkin pernah dialami hampir setiap orang. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal yang tentu membuat Anda tidak nyaman.