Bengkak di jari kaki yang diawali gatal, bagaimana mengatasinya ?

IH Info Penanya: IH, Wanita, 21 Tahun
Dok bagaimana cara mengatasi bengkak di jari kaki awalnya karena gatal - gatal, namun sekarang membasar dan ajdi sakit, (tdk berdarah / tdk berananah)?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, IH.

Bengkak pada jari kaki merupakan keluhan yang dapat terjadi karena berbagai faktor. Keadaan tersebut umumnya bersifat akut atau mendadak dan baru saja terjadi. Bengkak tersebut dapat disebabkan oleh kondisi yang ringan maupun yang lebih serius.

Berikut faktor yang dapat menyebabkan bengkak pada jari-jari, diantaranya adalah :

  • gigitan serangga
  • trauma atau cedera
  • adanya penumpukan kadar asam urat dalam darah yang mengakibatkan pembengkakan sendi pada jari kaki (artritis gout)
  • penumpukan cairan tubuh
  • infeksi
  • radang kulit
  • dan lain-lainnya

Mengenai keluhan yang Anda alami, jika didahului oleh keluhan gatal sebelumnya mungkin terjadi karena gigitan serangga yang tidak disadari, infeksi tertentu, atau gangguan kulit. Untuk memastikan penyebabnya, ada baiknya Anda periksakan secara langsung kepada dokter terdekat.

Sementara Anda dapat mengompres bagian yang bengkak dengan cairan NaCl yang dapat dibeli di apotek atau air hangat. Jika keluhan gatal masih berlanjut Anda dapat mengoleskan lotion kalamin atau bedak salisil. Jika terlihat ada luka, ada Anda dapat mengoleskan sedikit madu murni.

Jika keluhan disertai nyeri, pembengkakan yang semakin membesar atau gejala pada anggota tubuh lainnya, segeralah memeriksakan diri.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri

Pahami Gejala Infeksi Kulit Necrotizing Fasciitis

Necrotizing fasciitis merupakan infeksi kulit langka akibat bakteri yang menyebar dengan begitu masif. Penanganan cepat menjadi kunci kesembuhan. Gerbang masuk ke tubuh manusia paling mudah bagi bakteri adalah saat ada luka terbuka, luka bakar, gigitan serangga, hingga luka pascaoperasi.