Cara mengatasi pusing dan migrain saat haid

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Kenapa ya dok semenjak saya umur 17 tahun setiap saya ingin datang bulan atau haid saya selalu merasa pusing migrain dan kadang ada rasa mual sampai lemas gitu Dok. Apakah ini suatu hal yang normal atau ada gangguan kesuburan yang saya alami Dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Menjelang haid, seorang wanita seringkali mengalami berbagai keluhan seperti pusing, migrain, mudah marah, lebih sensitif, suasana hati tidak menentu, perut kembung dan hal ini disebut dengan istilah pre menstrual syndrome akibat ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh. Keluhan ini akan berlangsung beberapa hari sebelum haid hingga 3 hari selama haid, dan keluhan ini akan berangsur-angsur menghilang dengan sendirinya.

Adanya perasaan perut penuh akan membuat seseorang menjadi malas makan, dan akibat tidak makan secara teratur ini dapat memperberat keluhan migrain yang muncul, terlebih bila disertai dengan paparan asap rokok atau terik panas matahari.

Yang dapat dilakukan untuk mengatasi keluhan tersebut adalah :
  1. Lakukan pijatan ringan pada kepala dan leher.
  2. Minum teh hangat untuk merelaksasi tubuh.
  3. Hindari makan makanan pedas.
  4. Kompres air hangat pada bagian yang nyeri.
  5. Minum paracetamol untuk meredakan nyeri.

Bila keluhan dirasakan memberat, terasa nyeri hingga mau pingsan, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

L
20 Nov 2019, 11:40
Sangat informatif, terima kasih dokter.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.