Cara mengatasi perut kembung tanpa obat

RZ Info Penanya: RZ, Pria, 19 Tahun
dok, mama saya ada sakit maag, stiap hari perutnya terasa kembung sampe susah makan. apa iya maag itu bikin perut kembung? bagaimana cara mengatasinya dok? kalo bisa jangan obat ya dok karena mama saya ada sakit ginjal juga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, P.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Perut kembung adalah gejala yang cukup sering dialami berkaitan dengan gangguan pada pencernaan. Pada dasarnya perut kembung ini berasal dari gas pencernaan yang terjebak atau tidak dapat bergerak secara normal di saluran pencernaan. Normalnya gas pencernaan memang diproduksi namun apabila berlebihan gas dapat dilepaskan oleh tubuh melalui sendawa atau buang angin.

Peningkatan produksi gas pencernaan ini umumnya dipicu oleh makanan dan minuman tertentu yang dikonsumsi. Namun, setiap jenis makanan yang dapat memicu produksi gas berlebih, dapat memeberikan efek yang berbeda beda pada setiap orang. Beberapa contoh makanan tersebut yaitu makanan mengandung karbohidrat, tepung, gula, serat. Pada usus besar terdapat bakteri yang dapat mencerna jenis makanan tersebut dan menghasilkan gas, namun ada pula jenis bakteri lainnya yang menghancurkan gas dari bakteri yang menghasilkannya. Kesimbangan dari kedua jenis bakteri tersebut dapat berbeda pada setiap orang. Hal ini dapat menjadi salah satu penjelasan tentang mengapa ada individu yang lebih cenderung sering mengalami keluhan perut kembung dibandingkan individu lainnya.

Terkait dengan pertanyaan Anda mengenai keluhan yang dialami oleh Ibu Anda, terlebih dahulu perlu diketahui bahwa maag sendiri adalah istilah yang dikenal di masyarakat untuk sekumpulan gejala gangguan pencernaan yang dalam bahasa medis disebut dengan sindroma dispepsia, dan perut kembung adalah salah satu gejala dari gangguan pencernaan. Maka perut kembung adalah bagian dari maag.

Mengenai cara mengatasi perut kembung tanpa obat, berikut beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mengatasi perut kembung, diantaranya adalah :

  • mengonsumsi air perasan lemon yang diberi sedikit baking soda
  • mengonsumsi bubuk kayu manis
  • mengonsumsi larutan air putih dan bubuk cengkeh

Beirikut saya lampirkan artikel lengkap mengenai cara pengolahan bahan alami diatas.

Apabila keluhan yang dialami Ibu Anda menetap, ada baiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis Penyakit Dalam, agar dapat ditangani secara intensif.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tips berpuasa untuk penderita maag meliputi pilihan makanan dan minuman yang tepat

Tips Berpuasa untuk Penderita Maag Agar Puasa Lancar di bulan Ramadhan

Sakit maag tidak menjadi halangan bagi anda untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan pilihan makanan dan minuman yang tepat, anda dapat terhindari dari sakit maag.