19 Sep 2021, 11:02Psikologi

cara mengatasi perubahan psikologis pada lansia

E
Info Penanya: E0
Dok, selain tubuh, pasti psikologis pada lansia juga akan berubah dan banyak yang bilang perubahaan psikologis pada lansia akan berubah menjadi anak-anak lagi. Adakah tanda-tanda lain dari perubahan psikologis pada lansia yang bisa diliat secara langsung? Bagaimana cara mengatasi perubahan psikologis pada lansia?
125 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo E,Seiring bertambahnya usia lansia, maka fungsi seluruh tubuhnya juga semakin menurun termasuk perubahan hormon. Hal ini juga sedikit banyak akan mempengaruhi oleh kondisi psikologisnya seperti munculnya depresi dan demensia. Tentu untuk mencegah depresi dan gangguan psikologis yang mungkin terjadi, seorang lansia harus tetap melakukan aktifitas fisik yang membuatnya senang. Semakin tidak produktif tentu penurunan fungsi tubuh lansia akan lebih cepat diabndingkan dengan lansia yang aktif.Penyebab munculnya gangguan psikologis, juga dapat berasal dari adanya penyakit kronis yang dialami, sehingga membutuhkan kosumsi obat terus menerus dan muncul perasaan jenuh dan kecemasan. Rasa khawatir yang berlebihan dapat terjadi karena kawatir terhadap kondisi dirinya, kondisi keluarganya, bahkan kondisi sekitar.

Perubahan psikologis pada lansia

Ciri perubahan psikologis pada lansia adalah
  • Perubahan perilaku karena penurunan fungsi kognitif misalnya lebih ceroboh atau pelupa
  • Gangguan kecemasan yang menyebabkan beban pikiran dan gangguan tidur
  • Depresi yang akan menunjukkan gejala sedih, murung, tidak napsu makan
  • Mudah marah dan mudah tersinggung.
  • Somatoform disorder 
Perlu digaris bawahi, bisa juga terjadi keluhan-keluhan fisik pada lansia yang terjadi karena keluhan psikologisnya. Misalnya seorang lansia merasa makanan tidak enak, lalu mengeluh tidak mau makan karena sakit perut namun lama kelamaan perutnya akan benar-benar sakit.

Mengantasi perubahan psikologis pada lansia

Cara mengatasi perubahan psikologis pada lansia adalah lebih banyak mengajaknya berbicara dan beraktifitas bersama, hadapi perubahan yang terjadi pada lansia dengan lebih sabar dan penuh pengertian, serta tanyakan apa yang sedang mereka inginkan. Jika sedang memiliki kondisi kesehata tertentu makan lakukan kontrol berkala ke dokter atau untuk kondisi perubahan psikologis dapat di konsultasikan ke psikiater atau psikolog.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
lansiadepresi pada lansiagangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil