05 May 2021, 15:08Penyakit Lainnya

Cara mengatasi mata ikan di jempol kaki?

ND
Info Penanya: ND0
Selamat siang, dok, saya punya mata ikan di jempol kaki, terasa sangat nyeri saat berjalan. kira-kira bagimana cara mengatasinya? dan apakah penyebabnya? karena saya selalu menggunakan sepatu saat bekerja
142 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, NTerima kasih atas pertanyaan AndaMata ikan atau dalam istilah medis disebut dengan klavus adalah kondisi saat terjadi penebalan kulit karena adanya tekanan yang berulang. Keadaan ini menyebabkan permuakan kulit menjadi lebih menonjol dan terasa sakit saat beraktivitas, misal berjalan.

Berikut ini adalah beberapa penyebab dair mata ikan:

  • Adanya kelainan bentuk anatomi kaki
  • Tidak menggunakan kaos kaki saat bersepatu
  • Menggunakan alas kaki dengan desain tertentu yang menyebabkan tekanan pada kaki tidak seimbang dan berlebihan pada area tertentu di kaki.
  • Alas kaki atau sepatu yang kurang nyaman atau tidak sesuai ukuran
  • Menggunakan alas kaki dengan desain tertentu yang menyebabkan tekanan pada kaki tidak seimbang dan berlebihan pada area tertentu di kaki.
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan keluhan mata ikan bisa terjadi karena beberapa penyebab yang sudah disampaikan di atas. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan tatalaksana yang sesuai dengan penyebabnya. Bila perlu dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi. Tindakan yang bisa Anda lakukan saat ini adalah dengan menggunakan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan ukuran, gunakan kaos kaki dan ganti kaos kaki secara berkala, rendam kaki dengan air hangat dan gosok perlahan area kaki yang mengalami penebalan, oleskan pelembab agar kulit tidak kering.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
tips kesehatanmata ikanpenyakit kaki
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil