Bagaimana cara mengatasi kutu di rambut?

AF Info Penanya: AF, Pria, 26 Tahun
Cara menghilangkan kutu dan telurnya di rambut
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AF,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kutu rambut merupakan parasit kecil yang mengisap darah di kulit kepala, agar dapat hidup dan berkembang biak. Pernularan terjadi ketika rambut Anda bersentuhan dengan penderita kutu rambut. Selain itu kutu rambut juga terjadi karena menggunakan  benda yang sama, misalnya sisir, jepit rambut, jilbab ataupun topi.

Keluhan yang sering muncul adalah rasa gatal dikulit kepala. Gatal yang di alami merupakan akibat dari gigitan kutu dan reaksi alergi terhadap air liur kutu rambut.

Cara Mengatasi Kutu Rambut :

  1. Menggunakan sisir serit 
    Sisir ini merupakan sisir yang rapat yang memiliki jarak 0,2 mm. Tujuaannya agar dapat mengangkat lebih banyak kutu dan telur kutu.
  2. Minyak Zaitun
    Mengoleskan minyak zaitun secara merata kemudian ditutup dengan shower cap semalaman. Kemudian paginya disisir agar kutu dan telur kutu dapat terangkat.
  3. Semprotan Anti Kutu Rambut
    Setelah disemprot, sisir rambut agar kutu dan tekur rambut tertangkap, ulangi 3-5 hari sekali. untuk menghilangkan kutu dan telur kutu baru.

Namun jika dengan cara-cara diatas kutu rambut Anda tidak kunjung hilang silahkan konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penghitam rambut alami yang bisa Anda gunakan adalah minyak kelapa.

10 Penghitam Rambut Alami yang Mudah Digunakan di Rumah

Penghitam rambut alami banyak dicari orang, untuk menghindari zat kimia berbahaya yang terkandung dalam cat rambut. Selain membuat rambut hitam berkilau, penghitam rambut alami ini pun bisa menyamarkan uban!