Restless leg syndrome

MA Info Penanya: MA
Halo dokter. Saya memiliki kebiasaan yang tidak bisa saya kendalikan yaitu kaki saya suka bergerak sendiri saat saya sudah tertidur nyenyak. Hal itu sudah saya pastikan karena saat bangun sprei kasur selalu berantakan dan menurut saksi dari adik saya. Hal ini mungkin tidak begitu merugikan sebelumnya, tetapi hari ini saya melakukan operasi dan ada jahitan di bagian kaki saya dan saya tidak ingin jahitan saya lepas. Apa ada solusi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MA.

Restless leg syndrome adalah suatu kondisi dimana seseorang menggerakkan kaki karena sensasi tertentu, yang meningkat pada saat beristirahat atau tidur. Hal yang diduga menyebabkan restless leg syndrome adalah faktor genetik, kurangnya beberapa nutrisi (zat besi dan magnesium), menderita penyakit lain seperti parkinson, serta mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Restless leg syndrome dapat membuat tidur menjadi tidak nyenyak, sehingga membuat seseorang lelah saat bangun keesokan paginya. Jika hal ini terjadi berkepanjangan, maka seseorang akan kurang tidur kronis dan mengalami penurunan fungsi sistem dan organ tubuh.

Penanganan Restless Leg Syndrome

Oleh karena itu, hal ini sebaiknya ditangani dan tidak dianggap sepele. Beberapa hal yang dapat Anda coba lakukan untuk mengurangi kondisi ini adalah:

  • Menghindari kafein serta minuman beralkohol
  • Mengonsumsi makanan tinggi magnesium, misalnya dark chocolate
  • Jangan melakukan aktivitas yang melelahkan otot tungkai pada sore sampai malam hari
  • Mandi air hangat beberapa jam sebelum tidur
  • Tidur dengan jadwal yang teratur setiap harinya

Apabila tak kunjung membaik, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis saraf. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis, kemudian memberikan terapi yang tepat untuk Anda. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jangan ragu untuk datang ke dokter, jika telapak kaki gatal. Kondisi ini tidak seharusnya disepelekan, apalagi tidak diperhatikan.

Penyebab Telapak Kaki Gatal dan Cara Mengobatinya

Telapak kaki gatal adalah kondisi yang mengganggu. Bayangkan saja, di saat sedang menggunakan sepatu, tiba-tiba sensasi gatal muncul di telapak kaki. Ingin menggaruknya pun sulit. Akhirnya, Anda harus menunggu hingga bisa membuka sepatu, sebelum bisa menggaruknya. Oleh karena itu, kenalilah penyebab dan cara mengobati telapak kaki gatal ini.