Cara mengatasi haid yang tidak lancar

SF Info Penanya: SF, Wanita
Pagi dok, saya mau nnya. Cara melancarkan haid gimana ya? Soalnya dua bulan keluar nya tidak banyak seperti biasanya, mohon penjelasan nya dok, terimakasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SF,

Setiap wanita memiliki siklus haid dan lama haid yang berbeda-beda antara satu wanita dengan wanita yang lain. Normalnya siklus haid wanita berlangsung dalam 28 hari, namun masih dalam batas normal bila siklusnya berlangsung setiap 21- 45 hari, dengan lama haid selama 2 hingga 7 hari. Rata-rata seorang wanita akan mengeluarkan darah sebanyak 15-90 ml darah setiap kali haid.

Banyak faktor yang mempengaruhi haid seorang wanita seperti :

  1. Stres, keadaan stres berlebihan akan menyebabkan gangguan hormon.
  2. Berat badan yang tidak ideal, terlalu kurus ataupun terlalu gemuk dapat mempengaruhi hormon.
  3. Kelelahan.
  4. Penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, susuk, spiral.
  5. Penyakit PCOS, dimana didapatkan hormon androgen yang berlebihan.

Untuk memperlancar haid, banyak faktor yang dapat dilakukan seperti atur pola hidup sehat dengan cara perbanyak konsumsi sayur dan buah, minum air putih minimal 2 liter per hari, hindari stres berlebihan, cukup istirahat, dan rutin berolahraga namun jangan sampai lelah yang berlebihan.

Bila haid dirasakan masih diluar batas kewajaran seperti siklus haid makin tidak teratur, durasi haid semakin memendek atau semakin memanjang maka sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut agar mendapat penanganan yang tepat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Saat mengalami varises, vena dapat terlihat menonjol atau berliku-liku

Temukan Penyebab Varises dari Faktor-faktor Risikonya

Varises adalah kondisi pembengkakan dan pembesaran pembuluh darah vena, biasanya di kaki dan tungkai. Penyebabnya adalah kurang olahraga, jarang bergerak, kehamilan, dan obesitas.