Cara mengatasi gangguan kecemasan umum

A Info Penanya: A, Pria, 23 Tahun
Bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan umum. Tolong jawaban nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Gangguan kecemasan umum merupakan salah satu gangguan psikis yang dapat timbul karena beberapa penyebab seperti:

  • Abnormalitas dari fungsi otak untuk mengontrol emosi dan pola pikir
  • Faktor genetik
  • Jenis kelamin dimana wanita lebih rentan
  • Tipe kepribadian seseorang yang lebih rentan mengalami gangguan kecemasan umum

Gangguan kecemasan umum sendiri merupakan salah satu jenis dari gangguan kecemasan. yang ditandai dengan gejala seperti sering mengalami kecemasan dari kegiatan atau aktivitas sehari-hari, sulit mengendalikan rasa cemas, disertai gejala lain seperti mudah lelah, nyeri otot, lebih gelisah, mudah kesal, konsentrasi terganggu dan juga menimbulkan gangguan tidur.

Untuk mengatasinya perlu dilakukan beberapa hal seperti memeriksakan diri dan meminta bantuan profesional seperti dokter ahli kejiwaan atau psikolog klinis, berbagi cerita dengan orang terdekat, menerapkan pola hidup sehat, hindari penggunaan zat-zat terlarang, menerapkan teknik relaksasi untuk mengatasi stres yang dialami. Jika dirasa sangat mengganggu aktivitas maka perlu untuk segera diperikakan agar dilakukan penagnaan dengan psikoterapi, konseling ataupun pengobatan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.  

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.