Cara mengatasi flek hitam dan melasma ?

IV Info Penanya: IV, Pria, 19 Tahun
Dokter saya ingin bertanyaAdakah produk yg direkomendasikan mampu menghilangkan flek hitam dan melasma ? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IV.

   Melasma dan flek hitam adalah gangguan kulit yang sering di jumpai, yang ditandai dengan bercak hiperpigmentasi lokal pada kulit yang terpapar sinar matahari ataupun perubahan hormonal. Kondisi tersebut berhubungan dengan produksi melanin, dimana terjadi penumpukan atau deposit pigmen melanin. Penyebaran flek hitam dan melasma melibatkan wajah dengan bagian tersering di dahi, pipi, dan bibir.

   Bukti menunjukkan bahwa faktor internal dan lingkungan mungkin bertanggung jawab untuk memicu, mempertahankan, dan membuat kambuh lesi melasma serta flek hitam. Faktor-faktor tersebut seperti pengaruh genetik, paparan radiasi UV, kehamilan, kontrasepsi oral, terapi estrogen / progesteron, disfungsi tiroid, kosmetik, idiopatik dan obat-obatan seperti obat anti kejang dan fototoksik.

Bagaimana mengobati flek hitam atau melasma?

  • Menghindari pajanan langsung sinar ultra violet terutama antara pukul 09.00-15.00, melindungi kulit dengan memakai tabir surya yang tepat, pemakaian tabir
    surya dianjurkan 30 menit sebelum terkena pajanan sinar matahari
  • Menghilangkan faktor yang merupakan penyebab melasma misalnya menghentikan pemakaian pil kontrasepsi, menghentikan pemakaian kosmetika mengandung parfum.
  • Gunakan krim yang mengandung hidroquinon, retinoid
  • Tindakan laser atau peeling
  • Menggunakan bahan alami yang mengandung vitamin c, beta caroten, kayu manis, madu


    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (dr. SpKK), agar dapat diketahui penyebab dari keluhan anda, sehingga terapi yang diberikan sesuai.

    Selengkapnya mengenai flek hitam, dapat anda simak disini.

 

Semoga bermanfaat

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam cara menghilangkan kerutan di bawah mata, termasuk dengan menggunakan krim mata untuk melembapkan

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata yang Bisa Dilakukan di Rumah

Kerutan dan garis halus, terutama di bawah mata, memang menjadi tanda penuaan kulit wajah karena kulit kehilangan elastisitasnya. Anda mungkin jadi tak pede dengan kemunculan kerutan tersebut. Beruntung, ada cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang bisa dilakukan sendiri di rumah.