Cara mengatasi ejakulasi dini pada pria

A Info Penanya: A
Dok apa obat ejakulasi dini
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Ejakulasi dini adalah ketidak mampuan untuk menahan keinginan ejakulasi atau ejakulasi yang terjadi terlalu cepat saat berhubungan seksual. Pemicu ejakulasi dini sendiri dapat beragam dimana kondisi psikis menjadi pemicu utama, baik kondisi stres ataupun terlalu semangat, gangguan zat kimia di otak yang abnormal, infeksi atau gangguan pada saluran reproduksi dan penyebab lainnya.

Ejakulasi dini juga dapat timbul saat hubungan seksual pertama atau terjadi didapat pada awalnya tidak pernah mengalami tetapi kemudian mengalami ejakulasi dini. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara seperti:

  • Mengatasi pemicunya seperti jika mengalami gangguan psiksi seperti stres
  • Melakukan latihan otot panggul seperti dengan senam kegel
  • Melakukan teknik-teknik untuk memainkan tempo saat berhubungan seksual seperti teknik mulai-berhenti, dimana berhenti ketika merasa akan ejakulasi dan mulai kembali dalam beberapa saat
  • Gunakan kondom agar tidak terlalu peka dan memicu ejakulasi lebih cepat terjadi

Hindari menggunakan sembarangan obat ataupun produk yang membuat menjadi tahan lama karena bisa menimbulkan risiko kesehatan. Periksakan diri pada dokter spesialis andrologi jika keluhan tidak juga bisa diatasi agar dipastikan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ereksi tahan lama hingga lebih dari 4 jam perlu penanganan medis dengan segera

Ereksi Tahan Lama Namun Menyakitkan, Apa yang Terjadi?

Ereksi tahan lama hingga berjam-jam tanpa adanya stimulus seksual adalah salah satu gejala priapismus. Priapismus adalah kondisi ketika seorang pria ereksi tahan lama namun menyakitkan.