Cara mengatasi efek samping obat nyeri seperti muntah dan diare?

EK Info Penanya: EK, Pria, 26 Tahun
Dok, bagaimana cara mengatasi efek samping dari obat asam mefenamat? Obat tersebut satu-satunya yang ampuh buat hilangin sakit gigi saya, tetapi efek sampingnya juga ampuh buat saya diare dan muntah-muntah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, EK 

Terima kasih atas pertanyaannya.

Cara mengatasi efek samping obat asam mefenamat :

  • Pertama bisa mengganti obatnya dengan obat anti nyeri lain yang tidak merangsang asam lambung. Karena asam mefenamat termasuk golongan obat anti inflamasi (radang) non steroid yang kadar anti nyeri menengah. Masih ada obat dengan golongan sama dengan efek anti nyeri lebih kuat dan efek samping lebih sedikit (tentu saja dengan harga lebih mahal). Dari nama zat aktifnya saja, sudah bisa dipastikan tidak cocok untuk lambung yang sensitif. Atau bisa menggunakan obat nyeri golongan lain yang tidak berefek ke lambung.
  • Kedua bila Anda bersikeras memakai asam mefenamat, minumnya 15-30 menit setelah makan agar perut tidak kosong. Tentu saja makanannya bukan yang asam atau pedas. Bisa juga ditambah dengan obat lambung sebelumnya. Sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan obat yang sesuai dan tidak perih di lambung.
  • Ketiga, obati sakit gigi Anda ke dokter gigi. Dengan cara mengatasi radang atau nyeri akibat gangguan di gigi seperti gigi berlubang, gusi bengkak atau plak di gigi. Karena Anda mengobati nyeri gigi bukan di penyebabnya. Maka keluhannya akan terus berulang. Berikut saya lampirkan artikel mengenai cara menangani sakit gigi untuk referensi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen bisa menjadi makanan perusak gigi karena memiliki kandungan gula yang tinggi

Sayangi Gigi Anda dengan Mengurangi Konsumsi Makanan Perusak Gigi Ini

Banyak orang menghindari makanan perusak gigi. Padahal, yang menjadi masalah bukan makanannya, tapi seberapa lama gigi terpapar makanan itu. Permen hingga roti seringkali dicap sebagai makanan perusak gigi.