Cara mengatasi diare secara alami

ME Info Penanya: ME, Pria, 17 Tahun
Dok cara mengatasi diare secara alami gimanaya??( Perut saya bunyi terus )
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ME,

Diare merupakan gangguan pencernaan yang ditandai dengan perubahan konsistensi tinja menjadi lebih lembek atau encer dan juga frekuensi buang air besar yang menjadi lebih sering atau lebih dari 3 kali dalam 24 jam. Gejala lain juga bisa menyertai diare seperti mual, muntah, sakit perut, melilit, kembung, demam dan lainnya. 

Yang paling utama dalam menangani diare adalah dengan banyak minum air putih atau larutan elektrolit untuk mencegah dehidrasi. Selain itu juga bisa bisa menghindari makanan-makanan berserat dan mengonsumsi obat pereda diare seperti attapulgite atau karbon aktif. Makanan yang bsia dikonsumsi sendiri adalah makanan yang rendah serat seperti telur, ayam, roti panggang, kentang, pisang, biskuit dan lainnya.

Jika diare berlangsung lebih dari 3 hari, dalam sehari bisa lebih dari 10 kali diare, diare campur darah, timbul mual dan muntah berlebihan, demam, timbul tanda dehidrasi maka perlu untuk segera memeriksakan diri pada dokter atau ke unit gawat darurat terdekat untuk segera mendapatkan penanganan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Diare termasuk penyakit yang harus diantisipasi selama musim hujan dan banjir.

Waspada! Ini 5 Penyakit Saat Banjir yang Mengintai Anda dan Keluarga

Selain menghambat aktivitas, banjir juga bisa menjadi penyebab timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari infeksi kulit, diare, hingga hepatitis.