Cara mengatasi cedera testis

GP Info Penanya: GP, Pria, 23 Tahun
Dear Dokter,Kemarin waktu saya main bola, testis saya terpukul teman. Berapa menit kemudian testis saya nyeri dan cedera memar berwarna biru kehitaman namun hanya di sebelah kiri.Pertanyaan nya apa yang harus saya lakukan untuk kesembuhan saya? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak GP,

Trauma atau cedera pada testis merupakan kondisi darurat yang harus segera ditangani secara medis. Apabila karena cedera tsb menyebabkan tetis menjadi terpuntir atau torsio testis maka harus segera di operasi dalam waktu 6 jam untuk mencegah kerusakan yang permanen. Bila sampai 12 jam belum ditangani maka akan menyebabkan kerusakan menjadi 50%. Tujuan operasi adalah untuk membebaskan puntiran dan mempertahankan sirkulasi darah ke testis tetap baik. Fungsi testis sebagai penghasil sperma dan hormon laki-laki (testosteron) akan terganggu bahkan terhambat.

Bila cedera hanya menyebabkan peradangan dan luka pada testis, maka Dokter akan menyarankan pengobatan dengan obat anti inflamasi dan penghilang sakit yang sesuai.

Sebaiknya segera kunjungi Dokter Spesialis Bedah Urologi (SpBU) di Rumah Sakit terdekat untuk mendapat penanganan yang sesuai prosedur.

Dan untuk selanjutnya selalu lakukan pencegahan dengan memakai pelindung testis saat melakukan olah raga. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Aroma vagina yang sehat bukanlah berbau harum dan segar seperti bunga

7 Bau Vagina dan Maknanya, Sudah Tahu Apa Saja?

Secara alami, bau vagina bisa terus berubah bahkan dalam hitungan jam. Namun jangan berharap aroma vagina seharum bunga seperti yang ditawarkan iklan pembersih kewanitaan.