Cara mengatasi bila mengalami polip rahim saat hamil 4 bulan?

TR Info Penanya: TR
Istri saya berumur 27 tahun dan saat ini sedang hamil pertama dengan usia kehamilan 17 minggu. Saat memeriksakan kandungan, dokter bilang ada polip rahim bersama dengan kehamilan istri saya. Apakah kondisi polip rahim saat hamil akan berbahaya dok? dan apakah hubungan seksual bisa memperparah kondisi polip rahim atau kandungan istri saya? Selain itu, saya baca di internet ada yang mengatakan bahwa polip rahim bisa hilang sendiri, dok, apakah itu benar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TR,

Polip rahim merupakan adanya pertumbuhan jaringan lunak yang mudah berdarah pada rahim. Kondisi ini jika terjadi sebelum kehamilan bisa membuat salah satunya sulit hamil. Penyebabnya pastinya sendiri tidak diketahui tetapi berkaitan dengan kadar hormone estrogen pada tubuh wanita sehingga memicu pertumbuhan polip.

Pada polip dalam kehamilan sendiri bisa berisiko menimbulkan gangguan kehamilan seperti keguguran, perdarahan hebat ataupun gangguan penempelan sel telur di rahim. Meskipun demikian tidak selalu kehamilan dengan polip rahim menimbulkan gejala ataupun keluhan dimana polip juga bisa hilang dan keluar saat proses melahirkan. Jika ternyata tidak hilang setelah selesai pemulihan bisa disarankan untuk dilakukan tindkana untuk mengatasi polip rahim seperti salah satunya dengan operasi.

Selain dengan operasi, polip rahim juga bisa diatasi dengan beberapa penanganan lain seperti pemberian obat yang sifatnya hormonal. Untuk itu perhatikan dan lakukan pemeriksaan kehamlian berkala untuk memantau kesehatan kandungan agar tetap lancar sampai waktu persalinan tiba nantinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berhubungan seks terlalu dini berisiko memperlambat proses pemulihan setelah operasi caesar.

Bumil Harus Tahu, Ini 6 Pantangan Setelah Operasi Caesar

Operasi caesar proses pemulihannya lebih lama dari lahiran normal. Mandi dan berenang menjadi pantangan setelah operasi caesar karena air bisa memperburuk luka di perut ibu.