Cara mengatasi biduran dan apa penyebabnya?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi dok, saya mau nanya apakah biduran yang tidak sembuh-sembuh itu ada obatnya dok? Karna sudah hampir 3 bulan ini saya biduran kulit dan dokter bilang saya terkena urtikaria kronik tapi saya tidak mengerti penyakit ini. Kira-kira bagaimana ya dok pengobatan yang tepat?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Biduran merupakan lesi berupa ruam-ruam kemerahan yang menonjol dibanding dengan kulit disekitarnya, dan akan terasa sangat gatal. Ruam ini muncul akibat reaksi alergi yang terjadi pada seseorang, selain itu juga bisa disebabkan oleh olahraga secara berlebihan, aktivitas di luar ruangan, stres.

Faktor pemicu munculnya alergi bisa disebabkan oleh alergi makanan (coklat, seafood, kacang,telur, dll), debu, bulu binatang, serbuk bunga, logam, dll. Yang perlu diperhatikan adalah apa faktor pemicu munculnya reaksi alergi tersebut, karena umumnya alergi tidak dapat dihilangkan atau disembuhkan secara total.

Yang dapat dilakukan untuk mencegah kekambuhan biduran adalah dengan cara menghindari faktor-faktor pencetus munculnya alergi, perbanyak asupan sayur dan buah, istirahat secara teratur, kurangi stres untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bila biduran muncul, kurangi rasa gatal yang muncul dengan cara oleskan bedak salisil/ calamine lotion, minum obat golongan antihistamin, hindari menggaruk ruam yang gatal secara berlebihan, cukup ditepuk-tepuk dengan telapak tangan agar kulit tidak lecet.

Bila keluhan berlangsung terus, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter kulit.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tanaman dalam ruangan bisa memperindah rumah sekaligus menyehatkan

Jarang Disadari, Tanaman dalam Ruangan Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kabar baik bagi Anda para pecinta tanaman! Tidak hanya menyejukkan dan indah dipandang, memelihara tanaman dalam ruangan ternyata memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, tanaman apa saja yang dipercaya bagus untuk kesehatan?