Cara mengatasi bibir pecah

A Info Penanya: A, Wanita, 17 Tahun
Cara mengatasi bibir pecah pecah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Bibir pecah adalah kondisi dimana keadaan bibir kurang lembab. Jika dibiarkan terus menerus, bibir pecah ini dapat menimbulkan iritasi, peradangan, rasa sakit sampai dapat menimbulkan luka baru.

Bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga bibir akan lebih rentan mengering dan pecah. Penyebab bibir pecah bisa dikarenakan paparan sinar matahari, menjilat berlebihan, rendahnya kelembapan udara, kurang vitamin, dehidrasi, dan penggunaan produk pasta yang salah. Kondisi medis tertentu seperti kurang gizi, iritasi, dan efek samping obat-obatan dapat menimbulkan bibir pecah.

Untuk mengatasi bibir pecah, disarankan:

1. Gunakan lip balm yang mengandung tabir surya sepanjang hari saat beraktivitas dibawah matahari agar bibir tidak kering.

2. Gunakan produk yang mengandung petroleum jelly dan oleskan pada permukaan kulit agar menjaga kadar air dipermukaan kulit tersebut.

3. Minum air putih yang cukup dua liter perhari atau setara dengan delapan gelas, agar tubuh termasuk bibir tetap terhidrasi.

4. Menghindari kondisi cuaca dingin.

5. Hindari penggunaan produk lipstik yang kurang tepat.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

7. Bibir pecah juga merupakan salah satu tanda penumpukan sel kulit mati. Salah satu cara untuk mengatasinya dengan menyikat bibir dengan lembut selagi menggosok gigi.

8. Hindari kebiasaan menjilat bibir, karena akan semakin kering.

Jika kondisi bibir kering dan pecah tidak membaik dengan perawatan diatas, anda harus mempertimbangkan untuk segera ke dokter kulit.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Sylvi

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dermabrasi dan Mikrodermabrasi memiliki efek samping

Tertarik Melakukan Dermabrasi atau Mikrodermabrasi? Ini Risikonya

Dermabrasi dilakukan untuk memperbaiki bekas jerawat, bekas cacar dan bekas luka. Sedangkan mikrodermabrasi membuat perubahan halus pada kulit. Efek sampingnya adalah kulit kemerahan dan sensitif terhadap cahaya matahari.