Cara mengatasi biar tidak hampir cegukan

K1 Info Penanya: K1, Pria, 30 Tahun
cara mengatasi biar tidak hampir cegukan gimana dok , padahal sudah banyak minum air
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore K,

Cegukan merupakan kondisi terjadinya kontraksi otot diafragma secara tidak disadari dan menimbulkan suara seperti "hik" yang juga disebut hiccups. Penyebab cegukan sendiri bisa beragam seperti konsumsi makanan atau minuman bersoda atau beralkohol, banyak menelan udara saat makan atau mengisap permen, makan terlalu cepat, stres, perubahan suhu lingkungan, adanya gangguan sistem saraf, gangguan metabolisme ataupun gangguan saluran pencernaan.

Pencegahan cegukan sendiri bisa dilakukan dengan menghindari pencetusnya, tetap tenang jika cegukan hampir terjadi, tarik napas panjang, konsumsi air hangat, mengonsumsi jahe atuapun mengisap potongan lemon. Jika cegukan masih sering berulang atau cegukan berlangsung lebih dari 24 jam maka perlu dilakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan.

Pengobatan sendiri akan dilakukan oleh dokter atau dokter spesialis saraf baik dengan pemberian obat, ataupun tindakan medis seperti penyuntikan obat bius ke saraf yang memicu kontraksi di otot diafragma ataupun memberi sengatan atau rangsangan listrik pada saraf sekitar leher. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Berkenalan dengan Sistem Ekskresi pada Manusia

Sistem ekskresi pada manusia berperan penting untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari tubuh agar tidak menumpuk. Sistem ekskresi pada manusia dibantu oleh lima organ tubuh, yaitu organ ginjal, paru-paru, kulit, sistem pencernaan, dan hati.