Cara mengatasi batu ginjal tanpa operasi, apakah mungkin?

AS Info Penanya: AS, Pria, 40 Tahun
Dengan hormat,Saya ingin bertanya, apakah ada solusi lain untuk menyembuhkan batu ginjal selain operasi?Berdasarkan USG dan CT URO diketahui pada saya terdapat batu ginjal dengan ukuran +/- 7,1 X 10.3 mm dalam proximal ureter kiri sehingga menyebabkan pelebaran collecting system bagian kiri. Setelah saya konsultasikan dengan salah satu dokter ahli di Medan disarankan untuk dilakukan tindakan URS.Yang menjadi pertanyaan saya apakah tindakan ini satu-satunya yang harus dilakukan dengan melihat ukuran batu ginjal yang ada dan impact yang ditimbulkan ? Apakah tidak bisa dilakukan dengan pengobatan terlebih dahulu ? Informasi yang ada sangat di butuhkan secepatnya sebagai pertimbangan dan terima kasih atas informasi yang disampaikan.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dengan Hormat Bapak AS,

Batu saluran kemih (urolitiasis) yang berlokasi pada ureter disebut batu ureter atau ureterolitiasis. Gejala yang dirasakan adalah nyeri berupa kolik hilang timbul, mual dan nyeri alih. Batu ureter dapat turun bersama urin dan akhirnya tersangkut dalam buli-buli, namun selama batu masih berada di ureter dapat menyebabkan sumbatan kronis di ureter dan menyebabkan perlebaran pada ureter. Sumbatan yang lama dapat berakibat penyumbatan dan pembesaran pada ginjal yang dikenal dengan nama hidronefrosis.

Pengobatan pada batu saluran kemih adalah tergantung dari ukuran batu, ada tidaknya infeksi yang ditimbulkan, dan fungsi dari ginjal. Maka tindakan operasi dengan tujuan  pengeluaran atau penghancuran batu, adalah atas indikasi :

  1. Batu yang tidak mungkin keluar secara spontan dari saluran kencing
  2. Adanya sumbatan menetap oleh batu didalam saluran kemih dan ginjal
  3. Ukuran batu lebih dari 15 mm
  4. Adanya infeksi
  5. Nyeri berupa kolik yang menetap dan berulang
  6. Pembesaran batu yang sangat cepat
  7. Terdapat gangguan fungsi ginjal
  8. Kondisi pasien seperti pekerjaan yang mengharuskan pasien dalam kondisi fisik yang tetap baik.

Tujuan pengobatan dan operasi adalah :

  1. Mengatasi rasa nyeri atau kolik
  2. Menghilangkan batu
  3. Mencegah terjadinya pembentukan batu berulang. Jenis batu yang telah dikeluarkan saat operasi akan dianalisa jenis batunya untuk dikembangkan strategi pencegahannya.

Pengobatan dengan obat-obatan ( Therapi konservatif atau Terapi Ekspulsif Medikamentosa = TEM) akan diberikan kepada pasien dengan kondisi :

  1. Tidak ada keluhan nyeri atau kolik
  2. Tidak ada tanda infeksi dan penyumbatan ginjal dan saluran kemih
  3. Ukuran batu kurang dari 0,5 mm
  4. Lokasi batu di ureter bagian distal
  5. Pasien dengan infeksi menyeluruh (sepsis)
  6. Nyeri yang tidak terkontrol
  7. Fungsi ginjal yang sangat buruk

Saat ini terdapat beberapa metode canggih untuk pengambilan batu saluran kemih yaitu :

  1. ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy adalah tindakan pemecahan batu dengan gelombang kejut, tindakan dilakukan dari luar tubuh tanpa dibuat luka sehingga pasien tidak perlu dirawat inap. Batu yang telah dihancurkan menjadipecahan kecil-kecil diharapkan akan keluar sendiri lewat aie seni.
  2. URS, tindakan pemeriksaan saluran kemih sekaligus pemecahan batu dengan gelombang dengan cara memasukan suatu alat kecil kedalam saluran kemih. Pecahan batu diharapkan keluar dengan air seni.
  3. PNCL yaitu tindakan pembedahan yang memerlukan bius total dengan memasukan alat endoskopi ke dalam ginjal untuk menghancurkan batu.
  4. TUR atau Transuretera Resection, yaitu operasi pengambilan kelenjar uretra sehingga aliran kemih menjadi lebih lancar sehingga batu dapat keluar dengan air seni.

Saat ini tindakan yang paling sering dipilih dan dilakukan oleh Rumah Sakit yang memiliki alat canggih ini adalah ESWL.

Semoga informasi yang kami sampaikan dapat membantu Bapak dalam menentukan pilihan atau sebaiknya kunjungi Dokter Spesialis Urologi (SpU) lainnya untuk minta pendapat kedua atau ketiga.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara memancungkan hidung dengan mencubit dan memijatnya hanyalah mitos atau belum terbukti secara ilmiah

Cara Memancungkan Hidung dengan Mencubit, Mitos Atau Fakta?

Mencubit dan memijat dipercaya dapat membuat hidung menjadi mancung. Namun belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal ini. Bagi wanita, ada cara yang dapat dilakukan untuk memancungkan hidung yaitu dengan makeup dan prosedur medis seperti suntik filler dan operasi hidung atau rhinoplasty.