Cara mengatasi asam urat, sudah sebulan tidak sembuh dan bengkak?

S Info Penanya: S
Dok, apa obat yg bagus untuk asam urat, saya udh berobat tp dalam sebulan ini ngk sembuh-sembuh, kaki mengalami pembengkakan...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, S

Apakah Anda sudah disiplin dalam menjaga makanan? Faktor keturunan juga berperan dalam timbulnya gejala asam urat. Ada beberapa orang yang lebih sensitif dibandingkan dengan yang lain. Makanan yang perlu dihindari terutama adalah makanan bersumber dari hewan. Karena tingginya kadar purin yang terkandung di dalamnya. Makanan bersumber dari hewan yang perlu untuk dihindari terutama adalah jeroan, bagian daging tertentu dan makanan laut. Untuk lebih jelasnya bisa dibaca di artikel makanan pantangan asam urat yang harus dihindari.

Beberapa faktor lainnya dari pola makan adalah perlu menghindari makanan dengan pengawet (kalengan) serta makanan dan minuman tinggi gula seperti soda atau minuman sachet. Kemudian faktor usia diatas 30 pada laki-laki serta riwayat keturunan. Berat badan perlu dikurangi, karena resiko meningkat pada obesitas. Adanya riwayat penyakit lain seperti diabetes, hipertensi, gangguan hati, gangguan ginjal, serta kurangnya hormon tiroid, akan meningkatkan resiko asam urat. Anda perlu mengubah gaya hidup dengan pilih makanan yang sesuai dan tidak berlebihan serta hindari minuman beralkohol. Untuk mengatasinya Anda perlu kontrol teratur dengan Dokter, terutama Spesialis Penyakit Dalam.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Naiknya berat badan, membuat nyeri sendi pada ibu hamil menjadi kondisi yang sering terjadi

5 Cara Mengatasi Nyeri Sendi pada Ibu Hamil Secara Alami

Nyeri sendi pada ibu hamil adalah hal yang biasa terjadi. Namun, tentu kondisi ini sangatlah mengganggu dan menghambat kegiatan sehari-hari. Beruntung terdapat berbagai cara untuk mengatasinya baik secara alami maupun dengan obat-obatan.