Cara mengatasi anak yang mudah sakit

AA Info Penanya: AA, Wanita, 23 Tahun
Dok saya mau tanya, bagaimana mengatasi anak yang mudah sakit dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AA,

Anak yang mudah sakit dapat dipicu oleh beragam hal dan penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Status gizi anak
  • Faktor lingkungan 
  • Status kesehatan anak
  • Status kesehatan keluarga
  • Faktor sosial dan ekonomi
  • Kebiasaan anak

Untuk itu perlu diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan apa yang menjadi penyebabnya. Penting untuk menjaga gizi anak tetap terjaga agar meningkatkan daya tahannya sehingga bisa terhindar dari penyakit, upayakan pertumbuhan anak apakah sesuai dengan usianya, faktor lingkungan juga penting dimana lingkungan tinggal yang padat, kurang bersih, ataupun banyak hal yang dapat berpotensi menimbulkan penularan penyakit dapat menjadi pemicu.

Status kesehatan anak sendiri juga penting karena jika memiliki penyakit yang dapat kambuh seperti misalnya asma, reaksi alergi, gangguan sistem kekebalan tubuh, dan lainya bisa memicu anak menjadi mudah sakit, status imunisasi dan juga tumbuh kembang anak juga penting.

Kebiasaan anak seperti tidak mencuci tangan setelah beraktivitas, anak sering main di tempat yang kurang bersih, bermain dengan hewan juga bisa menjadi pemicunya. Cara pengolahan makanan dan juga asupan makanan juga bisa menjadi pemicu anak menjadi mudah sakit.

Ada baiknya memeriksakan anak Anda pada dokter atau dokter anak agar diketahui apa yang menjadi pemicunya dan memberikan pencegahan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anak rentan untuk terjangkit berbagai gangguan kesehatan, seperti infeksi virus influenza, pilek, atau tertular kutu rambut

Tahun Ajaran Baru, Ini Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat di Sekolah

Libur yang sebentar lagi selesai, menandakan tahun ajaran baru untuk anak. Saat di sekolah, anak rentan tertular penyakit dari murid lain. Untuk memastikannya tetap sehat, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan, terutama saat anak berada di sekolah.