Cara Mengatasi Anak Susah Makan Sayur

S Info Penanya: S, Wanita, 30 Tahun
Hai Dok, Bagaimana mengatasi seorang anak susah sekali makan sayur mayur? Padahal sudah berbagai cara dilakukan. Dari diblender sampai dicampurkan ke telor atau makanan lain. Tapi anak masih tetap tidak mau. Mohon solusinya. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Ibu S,

Hal yang Ibu sampaikan ini, dapat dipastikan merupakan keluhan hampir semua Ibu kepada anaknya. Namun sebagai Ibu yang baik dan memperhatikan kecukupan gizi anak, maka berikut beberapa kiat sederhana yang dapat Ibu coba :

  1. Jangan terlalu memaksakan anak untuk menyukai sayur, yang pasti menurut anak-anak rasanya aneh dan getir di lidahnya. Bila kita terlalu memaksa maka anak akan menjadi trauma dan saat makan tidak lagi menjadi saat yang menyenangkan.
  2. Jadikan contoh kepada anak. Anak-anak secara naluri akan mengikuti contoh dari orang tua dan orang dewasa disekitarnya. Selalu sediakan sayuran pada menu setiap hari dan biarkan anak melihat bahwa Ibu dan ayahnya selalu menikmati dan meyukai sayuran pada setiap kesempatan makan.
  3. Belajar lewat tontonan film kartun favorit anak seperti Bugs Bunny yang menyukai wortel, Popeye yang menyukai bayam dan lain – lain.
  4. Mulailah menyisipkan sayuran pada makanan favorit anak, seperti pizza, mie goreng, bakso dll namun hanya dengan posrsi kecil saja, yang berfungsi sebagai pengenalan dulu.
  5. Bangkitkan imajinasi anak saat bermain, seperti menghidupkan tokoh mainan kesukaan yang menyukai jenis sayuran tertentu dll.
  6. Buat kesepakatan kecil dengan anak, seperti mencoba satu gigitan sejenis sayur sehari dll.

Bila tips ini masih sulit diterima oleh anak, maka Ibu selalu dapat menggantikan sayuran dengan buah-buahan untuk memperoleh serat dan gizi yang mempunyai kemiripan.

 

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pencegahan stroke dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan

Gaya Hidup dan Pola Makan Sehat Jadi Kunci Pencegahan Stroke

Pencegahan stroke dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup dan pola makan. Dengan menerapkan dua langkah tersebut, faktor risiko penyakit stroke dapat dikurangi secara drastis.