02 Sep 2021, 19:39Penyakit Lainnya

Cara mengangkat bayi yang benar

L
Info Penanya: L0
Dokter, apa benar mengangkat bayi tidak boleh sembarangan. Bagaimana cara mengangkat bayi yang benar?
179 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam L,Mengendong bayi tentunya hal yang menyenangkan selain dapat memberi kenyamanan pada bayi juga dapat membuat ikatan antara ibu dan bayi lebih kuat. Oleh karena itu seringkali muncul mitos bayi bau tangan yakni bayi akan menjadi rewel jika tidak digendong karena sudah terbiasa digendong. Namun tentunya menggendong bayi juga tidak boleh sembarangan agar tidak menimbulkan cedera pada bayi.

Cara mengangkat bayi yang benar:

  • Cara mengangkat bayi tentunya disesuaikan dengan usia bayi. Jika bayi kecil belum mampu mengangkat kepala maka tentunya Anda perlu menyangga leher serta kepalanya. Biasanya mengendong dengan posisi telapak tangan kanan memegang kepala bayi serta sepanjang lengan bawah Anda menopang punggung.
  • Selanjutnya letakkan kepala bayi pada lipat siku kiri, dan topang bokong bayi menggunakan telapak tangan kiri. Sedangkan tangan kanan menyesuaikan dan buat posisi bayi senyaman mungkin.
  • Jika bayi sudah berukuran lebih besar maka tangan yang kanan bisa menopang bagian bokong bayi ketika tangan kiri menyangga bagian tubuh bayi dari kepala hingga punggung.

Dampak buruk salah mengangkat bayi.

Jika menggendong bayi ini tidak benar maka bisa mengakibatkan:
  • Leher bayi menjadi cedera.
  • Bayi tersedak ketika minum.
  • Bayi menjadi rewel karena posisi badannya tidak nyaman.
Lihatlah cara-cara menggendong yang benar berdasarkan pengalaman orang-orang di sekitar Anda atau Anda bisa mempelajarinya melalui internet agar terbayang bagaimana posisi tangan yang seharusnya.Salam sehat,dr. Vina  
menidurkan bayitumbuh kembang bayisakit leher
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil