10 Jan 2021, 14:30Kandungan

Apakah penyebab tidak datang bulan selalu karena proses kehamilan ?

RF
Info Penanya: RF0
saya telat haid belum haid dari bulan desember sampai sekarang (januari), terakhir haid bulan november -+ tgl 26, kemarin saya berhubungan badan dan tidak sengaja keluar didalam tanpa alat kontrasepsi, setelah berhubungan saya langsung pipis dan membersihkan vagina dengan air mengalir. apakah bisa menyebabkan kehamilan? bagaimana cara mencegah terjadinya kehamilan tersebut? sebelumnya saya juga sudah pernah telat haid -+ 4 bulan. tolong dijawab dok, terima kasih
183 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Gangguan haid berupa tidak datang bulan sejak lama bisa disebabkan oleh suatu proses kehamilan atau karena gangguan hormon progesteron dan esterogen di dalam tubuh seorang wanita yang mengatur terjadinya menstruasi. Gangguan haid ini membuat resah, tidak nyaman, cemas terutama bagi seorang wanita yang belum siap untuk hamil. Terlebih jika hubungan seksual dilakukan tanpa menggunakan alat kontrasepsi baik pada wanita maupun pada pria.

Apakah penyebab tidak datang bulan selalu karena proses kehamilan ?

Salah satu penyebab tidak datang bulan memang karena kehamilan, namun telat datang bulan dapat disebabkan oleh hal lain seperti :
  • Kegagalan tubuh mempersiapkan ovualsi akibat tumor atau kista ovarium.
  • Ketidakseimbangan hormon esterogen dan progesteron karena penggunaan alat kontrasepsi terutama yang mengandung hormon.
  • Penyakit yang diderita wanita seperti hipotiroid, gangguan pembekuan darah, penyakit polikistik ovarium sindrom.
  • Berat badan berlebih atau berat badan kurang.
  • Pikiran yang membuat stress berkepanjangan.
Telat haid yang Anda alami, yaitu tidak haid dari bulan Desember hingga saat ini, sudah melewati batas siklus menstruasi normal 21 hingga 35 hari. Anda sebaiknya lakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack. Hal ini juga dapat disebabkan oleh gangguan siklus menstruasi yang sering Anda alami. Namun Anda tetap harus melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk menegetahui penyebab tidak haid hingga berbulan-bulan yang Anda rasakan.Jika kehamilan telah terbentuk, maka tidak ada cara untuk mencegahnya. Namun jika diri Anda dalam keadaan tidak hamil, Anda atau pasangan dapat menggunakan alat kontrasepsi untuk mencegah terjadinya kehamilan. Walau setelah berhubungan badan, Anda langsung berkemih dan bersihkan vagina dengan air mengalir, ini tidak akan mengeluarkan sperma yang masuk ke saluran reproduksi Anda. Sehingga kemungkinan untuk hamil masih dapat terjadi.Semoga bermanfaat.Salam sehat.
hubungan sekstes kehamilanmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil