Cara menangani depresi

V Info Penanya: V, Wanita, 24 Tahun
Dok, sebelum nya Saya ingin bertanya, mengenai depresi yang saya alami. Dimana setiap kali saya ingin keluar atau berbaur, saya selalu takut dan tertekan akan hal tersebut. Saat saya ingin berbaur saya merasa takut bahkan trauma secara tiba-tiba. Hingga dimana menyebabkan saya ingin menangis dan berteriak. Lalu bagaimana cara mengatasi hal tersebut, dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang V,

Adanya trauma dimasa lalu dapat mengakibatkan kecemasan yang berlebihan. Kecemasan ini akan menyebabkan seseorang menjadi takut dan merasa terancam ketika sedang berada di tengah-tengah masyarakat. Hal ini akan menyebabkan seseorang menarik diri dari pergaulan dan tidak dapat berbagi beban atau masalah yang sedang dihadapi. Masalah yang dipendam sendiri dan berkelanjutan akan menyebabkan seseorang lama kelamaan menjadi depresi. Berikut ini ciri-ciri orang yang sedang mengalami depresi :

  1. Mudah cemas dan gampang curiga.
  2. Susah berkonsentrasi.
  3. Hilang ketertarikan terhadap hal-hal yang menyenangkan.
  4. Tidak napsu makan.
  5. Mudah lelah dan tidur terus sepanjang waktu.
  6. Ada usaha mencelakai diri sendiri atau orang lain.
  7. Merasa sedih terus menerus dan merasa dirinya tidak berguna.
  8. Menjadi lebih sensitif dan mudah marah.

Berat ringannya gejala yang dirasakan tergantung dari faktor penyebab munculnya depresi tersebut dan sudah berapa lama keluhan itu dirasakan. Semakin lama keluhan dirasakan maka akan semakin lama proses penyembuhannya.

Untuk mengurangi rasa takut ketika bergaul dengan masyarakat, Anda dapat mencoba bergaul dengan seseorang terlebih dahulu, ketika sudah cukup nyaman, coba bergaul dengan kelompok kecil dulu, hindari langsung bergaul dengan kelompok besar yang mayoritas Anda tidak mengenal orang-orangnya. Selain itu Anda perlu berbagi perasaan dengan keluarga atau orang lain yang Anda percaya. Namun bila keluhan ini sudah berlangsung lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya segera kontrol ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut agar tidak semakin parah.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan kecemasan dapat memengaruhi perasaan dan perilaku

Mengenal 6 Jenis Gangguan Kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan istilah yang umum digunakan untuk beberapa penyebab rasa gugup, ketakutan, dan kekhawatiran. Terdapat 6 jenis gangguan kecemasan dan memiliki penyebab serta gejala yang berbeda.