Cara menambah berat badan agar lebih berisi

SA Info Penanya: SA, Pria, 26 Tahun
Dok gimana cara cepat nambah berat badan nafsu kurang banget dok. Kalau kurus dikarenakan faktor keturunan apakah bisa gemuk dok. Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SA,

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang bertubuh kurus, antara lain :

  1. Faktor keturunan.
  2. Ada ketidakseimbangan antara kalori yang masuk dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, dimana kalori yang masuk lebih sedikit dibanding kalori yang dikeluarkan oleh tubuh untuk aktivitas sehari-hari.
  3. Kurangnya olahraga.
  4. Penyakit tertentu seperti hipertiroid. Pada penderita hipertiroid seringkali berat badan susah naik atau bahkan semakin kurus, ada benjolan di leher, dada berdebar, tangan gemetaran.
  5. Kurang istirahat.

Ada beberapa tips yang dapat dicoba agar berat badan bertambah seperti :

  1. Perbanyak kalori yang masuk dengan cara makan lebih banyak dan lebih sering, terutama perbanyak konsumsi protein seperti telur, keju, susu.
  2. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  3. Rutin olahraga terutama olahraga angkat beban untuk meningkatkan massa otot.
  4. Istirahat secara teratur.
  5. Hindari merokok. 

Meskipun faktor keturunan merupakan salah satu penyebab berat badan tidak bisa bertambah, namun hal itu dapat diatasi dengan berbagai latihan fisik dan perubahan pola hidup.

Bila berat badan Anda semakin berkurang, atau muncul keluhan lain seperti dada berdebar, tangan gemetaran, segera periksakan diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kelenjar tiroid bisa menjangkiti pria maupun wanita, tetapi penyakut kelenjar tiroid sering diderita oleh wanita

Para Wanita Harus Berhati-Hati dengan Penyakit Kelenjar Tiroid

Penyakit kelenjar tiroid perlu diwaspadai oleh kaum wanita. Dampaknya tidak hanya seputar menstruasi, tetapi juga berpengaruh terhadap kehamilan.