Cara menaikkan berat badan untuk meningkatkan rasa percaya diri

N Info Penanya: N, Wanita, 17 Tahun
Selamat malam Dokter,Mengapa sejak dulu saya selalu kurus dan sulit untuk menaikkan berat badan? Padahal makan sehari 4 kali dan sudah tidak merokok. Hal ini membuat saya minder, bagaimana cara agar meningkatkan rasa percaya diri? Berat badan saya saat ini 40 kg, terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu N,

Untuk berat badan ideal sesuai tinggi badan Ibu saat ini adalah 51 kg, sehingga masih kurang sekitar 10 kg dari berat badan sekarang.

Pada usia muda dibawah umur 30 tahun, memang rata-rata metabolisme tubuh sangat tinggi sehingga makanan yang masuk akan habis terpakai sebagai energi untuk aktifitas manusia. Dengan bertambahnya usia maka metabolisme tubuh akan menurun dan tubuh akan mudah untuk bertambah gemuk bila tidak disertai dengan olahraga dan aktifitas fisik rutin lain.

Pada prinsipnya untuk mendapat berat badan yang normal maka diperlukan asupan makanan (intake) yang lebih banyak dalam kualitas dan kuantitas dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan (output) untuk beraktifitas setiap hari.

Selain tidur cukup yaitu 6 sampai 8 jam sehari yaitu antara jam 9 malam sampai jam 5.30 pagi.

Untuk memperoleh berat badan yang ideal kembali kami sampaikan beberapa langkah mudah yang dapat diikuti yaitu :

  1. Makan 3 kali sehari yaitu sarapan, makan siang dan makan malam.
  2. Setiap makan komposisi dan porsi sebaiknya seimbang, yaitu memenuhi kategori Diet Seimbang (Karbohidarat, Protein, Lemak, dan Mineral). Untuk mengejar naiknya berat badan maka komposisi karbohidrat dapat diperbanyak dalam menu. Seperti nasi goreng, nasi, kentang, pasta dan mie dalam setiap olahannya.
  3. Diantara waktu makan, sebaiknya ditambahkan dengan 2 kali snack atau ngemil yaitu diantara waktu sarapan dan makan siang, serta antara waktu makan siang dan makan malam.
  4. Tambahkan ekstra lemak baik dalam makanan, contoh : Jus alpukat, ikan yang mengandung banyak lemak omega 3, keju, produk susu, kacang-kacangan dll. Lemak baik ini berguna untuk tubuh, bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar.
  5. Minum air putih 2 Liter sehari, dapat juga ditambah minuman berenergi contohnya minuman dengan madu, minuman multivitamin, jus buah segar dengan porsi minimal 2 gelas sehari. Tambahkan makanan penutup setelah makan siang dan makan malam, seperti es krim, kue manis, agar-agar dan biskuit manis. Konsumsi gula berlebih memang tidak selalu baik untuk tubuh, namun penambahan kalori ini berguna dalam proses untuk menambah berat badan.
  6. Olah raga dapat membantu otot untuk berkembang, juga membantu penyerapan kalsium pada tulang sehingga tulang menjadi kuat. Secara keseluruhan volume tulang dan otot yang bertambah akan menyebabkan berat badan meningkat.
  7. Minum Suplemen dan Multivitamin secara rutin. Selalu berkonsultasi dengan Dokter sebelum minum Multivitamin dan Suplemen.

Bila telah diperoleh kenaikan berat badan sampai angka normal maka kembalilah ke pola makan sehat sebagai aturan makan.

Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter bila terdapat gejala lain seperti demam berkepanjangan, batuk -batuk lama, deg-degan dan sering berkeringat, dll. Karena beberapa penyakit dapat menyebabkan badan kurus dan kurang gizi.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tipe kepribadian memiliki 4 tipe pengelompokan kepribadian manusia

Riset Terbaru: Tipe Kepribadian Hanya Dikelompokkan Menjadi 4 Jenis

Sebelumnya, Gordon Allport mempopulerkan 16 tipe kepribadian manusia. Namun, penelitian terbaru menunjukkan hanya ada 4 jenis kepribadian manusia, yaitu Average, Reserved, Role Models, dan Self-centered.