29 Sep 2021, 15:13Kandungan

Cara menaikkan berat badan janin

II
Info Penanya: II, Wanita, 20 Tahun
assalamu'alaikum dokter. kemarin saya usg saat usia kandungan 19 minggu lebih 3 hari. otak janin saya belum penuh atau masih ada yang kosong, kata dokternya seharusnya sudah mulai penuh. kata dokternya seharusnya sudah hampir penuh. lalu dokternya bilang kalau pertumbuhan otak janin masa emasnya sampai 5bln, kalau sudah lebih dari 5bln maka pertumbuhan otak janin akan mendatar. dan berat janin 293 katanya masih kurang karna seharusnya sudah diantara 350-500gr. dan itu nanti akan berpengaruh pada pertumbuhan janin saat sudah lahir nanti. seperti umur segini seharusnya sudah bisa jalan atau tengkurap atau juga bisa berpengaruh terhadap bicaranya. jadi bagaimana dok?
141 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lizsa Oktavyanti
(0)
Selamat sore, IPerkembangan janin pada saat kehamilan merupakan hal yang sangat penting, karena dapat mempengaruhi kelahiran dan perkembangannya setelah lahir. Kesehatan ibu ketika hamil juga sama pentingnya, karena kesehatan ibu juga berperan penting dalam perkembangan janin didalam kandungan. Pada keluhan yang anda sampaikan, karena kurangnya berat badan janin dan perkembangan otak janin yang belum penuh dari hasil pemeriksaan USG dengan dokter kandungan, hal ini mungkin saja dapat mempengaruhi perkembangan bayi setelah kelahirannya, namun tidak selalu terjadi apabila anda dapat mengejar kekurangan berat badan janin, dan bila anda runtin mengkonsumsi vitamin dan susu ibu hamil.

Cara menikkan berat badan janin :

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan berat badan janin didalam kandungan, seperti;
  • Makan dengan frekuensi lebih sering, %-6 kalai sehari dengan porsi kecil-sedang,
  • Perbanyak minum,
  • Rutin minum vitamin ibu hamil, terutama yang mengandung asam folat, untuk perkembangan otak janin,
  • Konsumsi susu ibu hamil,
  • Tetap optimistik dan tenang,
  • Mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian,
  • Konsumsi yougurt sebagai pilihan cemilah sehat,
  • Cukup tidur dan beristirahat,
  • Konsumsi ikan dengan kandungan lemak yanag tinggi, seperti salmon, karena kandungan omega 3nya yang tinggi, omega 3 baik untuk perkembangan otak janin,
  • Mengkonsumsi telur,
  • Berhati-hati dalam konsumsi gorengan dan makanan yang mengandung tinggi gula, karena akan mengakibatkan berat badan ibu yang naik, dan tidak terlalu berpengaruh pada berat janin.
disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk memantau perkembangan janin dan kesehatan ibu.Semoga membantu.Salam sehat,dr. Lizsa 
menjaga kehamilankesehatan kandungankehamilanmasalah kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil