Cara menaikan berat badan dan mencegah sariawan

MT Info Penanya: MT, Pria
permisi dok,saya mau bertanya bagaimana yaa cara untuk menaikan berat badan dan cara mencegah agar sariawan tidak mudah timbul
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi MT,

Keluhan sariwan dapat timbul karena beberapa penyebab seperti trauma pada area mulut, cara menyikat gigi yang salah, kebersihan mulut dan gigi yang kurang baik, kurang nutrisi, stres, menderita penyakit asam lambung, ataupun menderita kondisi lain seperti gangguan daya tahan tubuh. 

Untuk mencegahnya dapat dilakukan beragam upaya seperti menjaga kebersihan mulut, menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari dengan sikat gigi yang lembut dan cara yang benar, berkumur dengan obat kumur, jaga pola makan, perbanyak asupan sayur dan buah, hindari kebiasaan merokok dan terlambat makan dan juga rutin memeriksakan diri pada dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Untuk menaikan berat badan sendiri perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang utama apakah berat badan sudah ideal atau belum dengan menghitung indeks massa tubuh lalu perhatikan asupan kalori dan kebutuhan kalori harian. Upayakan makan sedikit tetapi lebih sering, tambahan makanan-makanan yang bisa menaikan berat badan, cukup beristirahat dan cukup tidur, berolahraga dengan teratur untuk meningkatkan massa otot yang juga bisa menambah berat badan, atau juga bisa memeriksakan diri jika dirasa berat badan semakin turun atau sulit naik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salep untuk berengan di bibir, disesuaikan dengan penyebab awal munculnya luka di sudut bibir

Salep untuk Berengan di Bibir, Mana yang Paling Manjur?

Dalam bahasa medis, luka di sudut bibir atau berengan disebut sebagai angular cheilitis. Selain menimbulkan rasa perih, kondisi ini akan membuat ujung bibir terlihat kering dan berdarah. Luka di sudut bibir bisa diobati, umumnya dengan bermacam-macam salep. Apa saja jenisnya?