Cara memutihkan wajah yang baik dan sehat

RW Info Penanya: RW, Wanita, 19 Tahun
Dokter gimana caranya buat kulit wajah lebih cerah tanpa harus pakai pemutih?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RW,

Kulit merupakan pelindung tubuh yang mengandung pigmen melanin, dimana pigmen ini berfungsi untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet. Paparan sinar ultraviolet yang berlebihan dapat menyebabkan kanker kulit. Kanker kulit merupakan salah satu kanker yang sering terabaikan.  Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit seseorang berwarna gelap seperti faktor genetik, kebiasaan aktivitas diluar ruangan dibawah sinar matahari tanpa menggunakan jaket, topi atau tabir surya.
Meskipun seseorang memiliki warna kulit yang gelap, namun ada beberapa tips alami yang dapat dilakukan agar warna kulit tampak lebih cerah dengan cara sebagai berikut :

  1. Perbanyak asupan sayur dan buah.
  2. Gunakan jaket, topi atau tabir surya saat aktivitas diluar ruangan. Anda dapat menggunakan tabir surya dengan SPF diatas 15, dan dapat diulang setiap 2 jam sekali.
  3. Perbanyak konsumsi air putih minimal 2 liter per hari.
  4. Rutin menjaga kebersihan kulit dengan cara mandi secara teratur, rutin lakukan lulur badan dengan tujuan membuang lapisan kulit mati dan mempercepat proses pergantian kulit yang baru.
  5. Lakukan masker alami dengan bahan seperti alpukat, madu, lidah buaya. Penggunaan masker secara teratur dapat menjaga kelembaban kulit, dimana kulit yang lembab akan terasa halus, lembut, dan tampak bercahaya.
  6. Hindari merokok.
  7. Hindari memakai produk kecantikan yang mengandung pemutih. Produk kecantikan ini dapat memutihkan kulit dalam waktu cepat namun seringkali menimbulkan iritasi yang akan membahayakan kesehatan kulit.

Jika cara alami dirasa belum menunjukkan hasil, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit kulit ayam menyebabkan kondisi kulit keratin di pori-pori.

Meski Tak Bahaya, Penyakit Kulit Ayam Bisa Ganggu Penampilan

Penyakit kulit ayam adalah penyakit yang disebabkan terbentuknya keratin di pori-pori. Penyebab penyakit kulit ayam, yaitu faktor usia, kulit yang kering,obesitas, dsb.