Cara memutihkan wajah yang baik dan benar

OR Info Penanya: OR, Pria, 18 Tahun
Hai dok nama saya oris ,mau nanya dok bagaimana cara memutihkan wajah yang baik dan benar dan apa saja bahan-bahannya Terimakasih..?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang pak, terimakasih telah bertanya di SehatQ, saya dr. Anugerah akan menjawab pertanyaan anda.

Perlu diketahui bahwa regenerasi kulit / pergantian kulit membutuhkan waktu 28hari setiap siklusnya, jadi untuk memutihkan kulit membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Ada beberapa cara untuk memutihkan kulit wajah :

  1. Cara alami : banyak bahan herbal yang bisa dijadikan masker untuk wajah misalnya lidah buaya , campuran madu dan lemon, tomat. Bahan tersebut di haluskan dan dipakai masker sebelum tidur 10-15 menit kemudian di bilas dengan bersih.
  2. Facial scrub : produk ini banyak di jual di toko kosmetik, penggunaannya 2-3x dalam 1minggu, fungsinya adalah mengangkat sel2 kulit mati di kulit. Merk apapun boleh asalkan tidak menimbulkan iritasi di kulit anda ya pak. Dan dipakai jika tidak ada jerawat aktif atau yang sedang meradang.
  3. Treatment ke dokter spesialis kulit : ada banyak pilihan treatmen bisa dengan krim sehari2 atau dengan treatmen tindakan misalnya peeling, laser, dermabrasi dll.

Saya tidak merekomendasikan penggunaan produk bebas / krim pemutih wajah alami yang bukan dari dokter spesialis ya pak,karena menjanjikan kulit wajah putih secara instan atau dalam waktu singkat, sudah pasti menggunakan bahan yang berbahaya untuk kesehatan kulit. 

Berikut saya sertakan tautan artikel yang Anda bisa baca mengenai cara memutihkan kulit  

Semoga penjelasan dan saran saya dapat membantu menjawab keluhan Anda.

Salam sehat,

dr. Anugerah 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Double cleansing adalah metode membersihkan wajah, dengan dua langkah

Banyak Diterapkan dalam Dunia Kecantikan, Apa itu Double Cleansing?

Banyak orang saat ini menerapkan metode double cleansing. Dalam penerapannya, Anda tak cukup sekali saja dalam membersihkan wajah, terutama setelah menggunakan makeup. Sebenarnya, apa itu double cleansing?