Cara mempercepat haid jika haid tidak teratur.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dok saya mau nanya nih, saya belum menikah dan belum melakukan hubungan seksual sama sekali. Namun saya hampir selalu mengalami gangguan haid yang terlambat dan tidak lancar. Kira-kira penyebabnya apa ya Dok? Apakah ada obat untuk telat haid?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore L, 

Normalnya seorang wanita akan memiliki siklus haid 28 hari, namun untuk siklus 21-35 hari masih dianggap normal. Namun banyak wanita yang mengeluh siklus haidnya tidak teratur, bisa maju atau lebih mundur dibanding haid bulan sebelumnya, hal ini bisa disebabkan oleh :

  1. Kelelahan.
  2. Stres yang berlebihan, baik yang disadari atau tidak disadari.
  3. PCOS.
  4. Endometriosis.
  5. Berat badan yang tidak ideal.
  6. Pemakaian obat-obatan hormonal.
Bila Anda mengalami siklus haid yang tidak teratur, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengembalikan siklus haid ke yang normal dengan cara :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Kurangi stres berlebihan.
  3. Cukup istirahat, hindari begadang.
  4. Jaga berat badan seideal mungkin.
  5. Olahraga 30 menit setiap hari.

Bila haid tetap tidak teratur atau muncul keluhan nyeri perut bagian bawah yang sangat berat, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut berupa USG perut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami yang dialami oleh kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda menstruasi (PMS) bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, keram perut, payudara bengkak, mood berubah, dsb. Umumnya tanda menstruasi terjadi 5 hari hingga 2 minggu sebelum menstruasi datang.