Cara memiliki bayi kembar bagaimana ya?

DR Info Penanya: DR, Pria, 23 Tahun
Dear Dokter,Agar bisa memiliki bayi kembar bagaimana dok?Terima Kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, DRF

Terima kasih atas pertanyaannya.

Bayi kembar prosesnya bisa yang identik atau tidak identik. Identik bila satu sel telur dibuahi oleh dua sperma dan bisa membentuk dua kantung kehamilan dengan satu plasenta. Non identik bila dua sel telur dilepas dan dibuahi oleh dua sperma sehingaa ada dua kantung kehamilan dan dua plasenta.

Faktor yang berperan terutama keturunan, bila ada riwayat kembar di keluarga terutama keluarga pihak wanita. Kemudian hamil di usia diatas 35 tahun, kegemukan sebelum hamil atau program kesuburan yang menggunakan obat-obatan atau bayi tabung. Untuk lebih jelasnya anda bisa baca artikel mengenai tips mendapatkan bayi kembar.

Punya bayi kembar berarti kebahagiaannya berlipat namun begitu juga resikonya untuk ibu dan bayinya nanti. Komplikasinya bermacam-macam seperti kelahiran prematur dengan berat badan lahir rendah. Sebaiknya diskusikan dahulu dengan Dokter Spesialis Kandungan anda. Dan anda juga bisa membaca artikel mengenai risiko kehamilan bayi kembar.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

RIsiko kehamilan saat Anda berusia di atas 35 tahun ke atas memang lebih besar, tapi tak perlu ditakutkan.

Meghan Markle Melahirkan, Hamil di Atas Usia 35 Tahun Bisa Tetap Sehat

Jika seorang wanita hamil saat berusia di atas 35 tahun, maka kondisi tersebut bisa disebut sebagai kehamilan risiko tinggi. Meski begitu, kehamilan tetap bisa dijalani dengan sehat asalkan ibu menjalani pola hidup sehat.