30 Nov 2020, 06:49Penyakit Lainnya

Cara mengobati darah beku pada kuku kaki

KS
Info Penanya: KS0
Aku ada darah beku di jempol kaki dan itu udah beberapa bulan masih belum hilang. Apa akan ada efek samping kalo dibiarkan dan apakah bisa sembuh dengan sendirinya?
1760 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KS,Perdarahan pada kuku adalah kondisi yang disebut dengan istilah hematoma subungual. Penyebabnya bisa karena benturan, tertindih benda, trauma pada kuku, ataupun bisa karena penyebab lain seperti penggunaan sepatu yang terlalu sempit. 

Cara pengananan perdarahan di dalam kuku

Jika sudah berbulan-bulan tapi darah di dalam kuku tidak hilang, tidak menjadi masalah jika tidak nyeri. Bisa kompres dengan air hangat secara rutin dan tidak memerlukan penanganan khusus. Sisa darah akan ikut terbuang dan bergerak seiring pertumbuhan kuku. Tapi jika dirasa mengganggu bisa juga dilakukan penanganan dengan pencabutan kuku.Tidak jarang perdarahan dibawah kuku bisa menimbulkan rasa nyeri akibat tekanan darah yang menekan kuku. Untuk itu jika terasa sakit hebat, dan darah tampak lebih banyak perlu dilakukan tindakan oleh dokter. Nantinya bisa dibuat lubang kecil untuk mengeluarkan darah dan mengurangi tekanan pada permukaan dibawah kuku. Anda juga bisa mengompres bagian kuku dengan es atau air dingin dan minum obat pereda nyeri seperti parasetamol untuk mengatasi rasa sakit. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
darahperdarahankuku
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil