Cara membuat ASI berlimpah.

IA Info Penanya: IA
Apakah makanan yg di makan ibu mempengaruhi rasa dan produksi ASI..Lalu makanan apa yg harus di hindari ibu menyusui. ?Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, IA

 

Makanan dan minuman tidak akan mempengaruhi ASI ya, baik rasa maupun produksi nya.

Produksi ASI ditentukan oleh hormon oksitosin yang dihasilkan dari kegiatan yang membuat Anda bahagia, maka lakukanlah kegiatan yang Anda senangi ya.

 

Sebaiknya hindari makanan yang Anda memiliki alergi terhadap makanan tersebut ya, misalnya dahulunya Anda memiliki alergi dengan kacang-kacangan maka sebaiknya hindari ya agar tidak muncul gejala alergi seperti bentol, gatal dan kemerahan pada kulit.

 

Pada ibu menyusui sebaiknya hindari juga obat-obatan tanpa resep dokter ya, pastikan Anda  mengonsumsi obat yang sudah disarankan oleh dokter.

 

Beberapa tips yang dapat dilakukan selama menyusui adalah terapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, minum air putih 2L perhari dan berolahraga. Prinsipnya ASI adalah jika dikosongkan dengan maksimal maka pengisian payudara akan maksimal. Maka sering-seringlah menyusui bayi Anda.

 

Semoga membantu

Salam sehat

dr. Karlina Lestari

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teh hijau bisa menjadi minuman pilihan bagi ibu menyusui yang menghindari kafeina pada kopi

Ibu Menyusui Harus Waspadai Teh Hijau, Benarkah?

Karena mengandung kafeina yang lebih rendah dari kopi, teh hijau sering dijadikan alternatif minuman sehat, yang juga sarat antioksidan. Satu hingga dua gelas minuman teh hijau umumnya aman untuk ibu menyusui. Teh hijau juga berfungsi sebagai antioksidan dan mengandung vitamin C, serta vitamin E.