Cara membuat ASI berlimpah.

IA Info Penanya: IA
Apakah makanan yg di makan ibu mempengaruhi rasa dan produksi ASI..Lalu makanan apa yg harus di hindari ibu menyusui. ?Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Pagi, IA

 

Makanan dan minuman tidak akan mempengaruhi ASI ya, baik rasa maupun produksi nya.

Produksi ASI ditentukan oleh hormon oksitosin yang dihasilkan dari kegiatan yang membuat Anda bahagia, maka lakukanlah kegiatan yang Anda senangi ya.

 

Sebaiknya hindari makanan yang Anda memiliki alergi terhadap makanan tersebut ya, misalnya dahulunya Anda memiliki alergi dengan kacang-kacangan maka sebaiknya hindari ya agar tidak muncul gejala alergi seperti bentol, gatal dan kemerahan pada kulit.

 

Pada ibu menyusui sebaiknya hindari juga obat-obatan tanpa resep dokter ya, pastikan Anda  mengonsumsi obat yang sudah disarankan oleh dokter.

 

Beberapa tips yang dapat dilakukan selama menyusui adalah terapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, minum air putih 2L perhari dan berolahraga. Prinsipnya ASI adalah jika dikosongkan dengan maksimal maka pengisian payudara akan maksimal. Maka sering-seringlah menyusui bayi Anda.

 

Semoga membantu

Salam sehat

dr. Karlina Lestari

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mastitis adalah infeksi payudara yang sering terjadi pada masa menyusui

Memahami Mastisis dan Tindakan Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Mastitis adalah infeksi payudara yang sering terjadi pada masa menyusui. Mastitis bisa menyebabkan Anda mengalami nyeri payudara hingga demam. Oleh sebab itu, kondisi ini perlu Anda cegah agar proses menyusui anak tidak terganggu.