Cara membersihkan hati dari sisi medis

RA Info Penanya: RA, Pria, 21 Tahun
Bagaimana cara membersihkn hati secara medis?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang RA,

Hati disini yang dimaksud apakah organ hati atau liver? Jika ya maka ada beberapa langkah dari sisi kesehatan yang bisa dilakukan untuk membersihkan atau men-detox organ hati. Organ hati atau liver sendiri merupakan salah satu organ vital yang berfungsi mengolah limbah racun dari tubuh dan memiliki peran apabila tubuh mengalami infeksi. Organ hati sendiri bisa mengalami gangguan akibat infeksi seperti hepatitis, asupan makanan berlemak, minuman beralkohol, trauma atau cedera ataupun konsumsi obat yang memicu kerusakan hati hingga bisa menimbulkan kegagalan organ hati untuk bekerja.

Untuk membersihkan hati dapat dilakukan dengan menjalankan hidup sehat seperti istirahat dengan cukup, membatasi makanan berlemak dan hindari lemak jenuh, hindari konsumsi alkohol, hindari kegiatan yang berisiko menimbulkan infeksi yang bisa menyerang hati seperti tidak melakukan seks yang tidak aman, tidak menggunakan narkoba, hindari merokok, tidak sembarangan mengonsumsi obat, dan juga hindari zat-zat toksik yang bisa meracuni hati seperti pada lingkungan kerja seperti di pabrik kimia misalnya.

Tetapi jika yang dimaksud membersihkan hati adalah membersihkan pikiran atau perasaan, maka dari sisi medis dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi melalui wawancara psikiatrik untuk mencari tahu masalah atau gangguan apa yang dialami lalu dilanjutkan untuk dilakukan psikoterapi atau konseling ataupun diberikan pengobatan seperti misalnya untuk meredakan cemas dan depresi sehingga hati dan perasaan bisa kembali bersih dan bisa mengatasi permasalahan psikis dan kesehatan mental yang ada. Untuk itu Anda kami sarankan untuk memeriksakan kesehatan secara berkala pada dokter secara langsung agar diketahui permasalahan yang ada dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit hepatitis B memang berbahaya, tapi terkadang tidak menimbulkan gejala

Kenali Gejala Hepatitis B dan Cegah Penularannya

Hepatitis B merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus. Meski merupakan jenis penyakit yang berbahaya, Gejala hepatitis B umumnya baru akan muncul, satu hingga empat bulan setelah infeksi terjadi.