Cara membedakan nyeri haid yang normal dan tidak

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Pagi dokter. saya setiap awal haid perut bagian bawah saya selalu nyeri. kadang kalo ga bisa ditahan saya cuma bisa tidur aja tidak bisa beraktivitas. kata temen-temen ini normal. benar tidak ya dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi L,

Nyeri haid merupakan nyeri pada perut bagian bawah yang sering dirasakan ketika wanita menjelang haid hingga beberapa hari ketika sedang haid. Intensitas nyerinya sangat bervariasi dari ringan hingga berat yang sampai membutuhkan obat-obatan pereda nyeri.

Nyeri haid bisa wajar/ normal terjadi, namun Anda juga perlu memperhatikan nyeri haid yang wajib Anda waspadai adalah :
  1. Bila nyeri haid berlangsung lebih dari 4 hari.
  2. Bila nyeri haid masih tetap terasa meskipun sudah mengompres perut menggunakan air hangat, sudah minum obat pereda nyeri, sudah mengalihkan nyeri dengan cara berolahraga.
  3. Bila nyeri haid sudah mengganggu aktivitas sehari-hari, wanita hanya tergeletak lemas dan meringkuk di tempat tidur sepanjang hari karena menahan nyerinya.
  4. Bila nyeri haid tidak menghilang dengan obat pereda nyeri ringan yang dijual bebas di apotek, seperti paracetamol.
  5. Bila nyeri haid tidak muncul sejak awal haid, atau nyeri tidak selalu muncul setiap bulannya.

Bila ada tanda-tanda nyeri haid yang Anda alami tidak normal, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter kandungan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.