06 Jan 2021, 15:09Kandungan

Apakah boleh mengkonsumsi pil KB setelah keguguran ?

NN
Info Penanya: NN0
Setelah pasca keguguran saya belum mendapatkan haid kurang lebih belasan hari dok Apakah boleh makan pil kb dulu dok sedangkan saya sudah berhubungan intim
720 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Keguguran adalah proses keluarnya janin dari kandungan saat usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Keguguran ini dapat disebabkan oleh lemahnya rahim ibu, penyakit yang diderita ibu seperti torch, janin yang tidak berkembang, atau karena keguguran yang dilakukan secara ilegal akibat kehamilan yang tidak diinginkan. 

Apa penyebab belum datang bulan setelah keguguran ?

Keguguran bagi pasangan yang sangat ingin memiliki anak, membuat sang Ibu menjadi stress dan sedih, hal ini tidak hanya mempengaruhi fisik Ibu, namun juga psikologis sehingga stress dapat membuat gangguan hormon dan metabolisme tubuh. Gangguan hormon menyebabkan menstruasi menjadi tidak teratur. Selain itu penyebab tidak datang bulan setelah keguguran bisa disebabkan oleh penyakit akibat kekurangan hormon tiroid, polycystic ovarium syndrome, berat badan yang tidak ideal, dan ovulasi yang terganggu.

Apakah boleh mengkonsumsi pil KB setelah keguguran ?

Pil KB adalah salah satu metode dalam mencegah kehamilan dimana pil KB ini ada yang mengandung hormon progesteron, dan ada yang mengandung kombinasi hormon progesteron dan esterogen. Penggunaan pil KB kombinasi dapat memperlancar haid pada sebagian wanita. Pemakaian dan penghentian KB yang mudah dan cepat mengembalikan kesuburan, membuat KB ini dipilih bagi pasangan yang ingin segera memiliki anak. Anda boleh mengkonsumsi pil KB kombinasi namun perlu dipastikan terlebih dahulu Anda dalam keadaan tidak hamil sebelum mengkonumsinya.Anda juga dapat berkonsultasi secara langsung bersama dokter spesilis kandungan untuk merencankaan program hamil selanjutnya. Terapkan pola hidup sehat bersama pasangan agar program hami sukses. Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
menjaga kehamilankeguguranmerencanakan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil