Cara melepas masalah tanpa menyakiti diri sendiri

AS Info Penanya: AS, Wanita, 21 Tahun
Dokter, saya ingin bertanya bagaimana cara agar terlepas dari masalah tanpa harus menyakiti diri sendiri?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Permasalahan hidup sangat beragam penyebabnya baik disebabkan oleh masalah sosial, ekonomi, kesehatan dan lainnya dimana setiap individu memiliki cara dan respon yang berbeda dalam menyikapi suatu permasalahan. Ketika permasalahan tidak dapat tertangani dengan baik dan memicu stres yang bertumpuk dapat menyebabkan beberapa gangguan pada tubuh tidak hanya dari segi fisik tetapi juga kesehatan mental seperti diantaranya:

  • Stres
  • Gangguan konsentrasi
  • Penurunan daya tahan tubuh
  • Mudah lelah
  • Cemas
  • Depresi
  • Gangguan lainnya

Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah mencari tahu apa yang menjadi penyebab masalah, melakukan manajemen masalah dengan baik, meminta tolong pada orang terdekat ataupun orang yang dapat dipercaya untuk meminta saran ataupun bantuan untuk menyelesaikan masalah yang timbul, dan juga memeriksakan diri apabila keinginan untuk menyakiti diri sendiri lebih sering timbul ataupun sampai pernah melakukan tindakan-tindakan untuk menyakiti diri, dimana keinginan untuk menyakiti diri sendiri dapat merupakan salah satu tanda bahaya dimana perlu dilakukan penanganan baik secara mandiri ataupun melalui bantuan profesional seperti dokter ahli psikiatri ataupun psikolog agar dilakukan evaluasi dan juga penanganan baik melalui konseling ataupun pengobatan lain yang diperlukan. 

Cukup beristirahat, rutin berolahraga, mendekatkan diri secara rohani, berbagi keresahan dengan orang terdekat dan orang yang dipercaya, sayangi diri sendiri dan berpikiran positif bahwa diri kita mampu untuk menyelesaikan setiap permasalahan yang ada, menjalankan hobi yang disenangi juga dapat membantu menyegarkan tubuh dan pikiran agar dapat merespon permasalahan yang ada dengan lebih baik dan tidak timbul keinginan untuk menyakiti diri sendiri.

Baca juga artikel mengenai cara mengatasi stres. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia adalah terapi perilaku kognitif

Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Takut pada Penderita Fobia

Rasa takut adalah respons tubuh yang alamiah. Namun, rasa takut yang terjadi terus-menerus dapat menjadi fobia. Penderita fobia memerlukan penanganan khusus sebagai cara menghilangkan rasa takut yang dirasakan. Beberapa terapi yang umum digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada penderita fobia, antara lain terapi perilaku kognitif dan terapi pemaparan.