15 Jul 2020, 08:48Penyakit Lainnya

Cara masak mana yang lebih baik, rebus atau kukus?

FF
Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
Dokter, saat ini saya sedang mengurus orang tua berusia 78 tahun. Sebaiknya cara memasak seperti apa yang baik untuk kesehatannya? Rebus atau kukus? Mohon infonya ya dok, terima kasih.
4471 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, FF.Rebus adalah teknik memasak makanan di dalam air mendidih, sedangkan kukus adalah teknik memasak menggunakan uap dari air mendidih untuk mematangkan makanan. Kedua teknik memasak ini lebih menyehatkan ketimbang menggoreng atau menumis, karena dapat mengurangi penggunaan jumlah minyak. Jadi, kedua teknik tersebut boleh saja dilakukan untuk lansia.Tetapi, untuk sayur-sayuran, disarankan menggunakan teknik kukus. Dengan mengukus, nutrisi yang terkandung dalam sayuran lebih terjaga, terutama vitamin yang larut dalam air, yaitu vitamin B dan C. Apabila direbus, maka vitamin tersebut akan berkurang karena meresap ke dalam air.

Tips Memasak untuk Lansia

Nah, selain teknik memasaknya, pastikan juga beberapa hal lainnya, ya. Berikut hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk memasak bagi lansia:
  • Selektif memilih bahan makanan yang digunakan, dimana lebih baik apabila menggunakan bahan organik karena kandungan bahan kimia yang lebih rendah
  • Apabila butuh minyak, pilih yang mengandung lemak tak jenuh, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa
  • Gunakan bumbu dari rempah-rempah alami, dan hindari perasa, pemanis, serta kaldu buatan
  • Masak makanan sampai benar-benar matang
  • Pastikan kebersihan dapur dan alat masak senantiasa terjaga
Apabila lansia memiliki kondisi atau penyakit khusus, atau sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, disarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter yang menanganinya secara langsung. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penyakit tertentu, misalnya gula putih pada pasien diabetes, atau terlalu banyak garam pada pasien hipertensi.Terima kasih, semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
makanan sehatlansiakesehatan lansia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil