Cara lepas dari ketergantungan obat teosal dan grafachlor

YA Info Penanya: YA
Malam, saya ingin bertanya cara lepas dari ketergantungan obat asma teosal dan grafachlor bagaimana dok? Jika diperlukan untuk konsultasi, dokter spesialis apakah yg harus saya ambil, karena sudah lama sekali ketergantungan obat dan efek di badan sama sekali tidak enak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi YA,

Teosal dan grafachlor merupakan obat yang sering digunakan pada penderita asma atau memiliki alergi tertentu.

Asma merupakan penyakit turunan dari keluarga yang akan mengganggu sistem pernapasan. Sedangkan alergi merupakan kondisi dimana seseorang akan menunjukkan gejala berupa gatal atau muncul bercak-bercak merah di tubuh, mendadak batuk-batuk hingga sesak napas setelah terpapar alergen seperti coklat, seafood, kacang, asap, debu, bulu binatang, dll. Karena asma dan alergi ini merupakan penyakit bawaan dari lahir, maka tentunya penyakit ini tidak dapat sembuh sepenuhnya, yang dapat dijaga adalah berusaha menjaga agar tidak sering terjadi kekambuhan sehingga kualitas hidup dapat berjalan dengan baik.

Hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencegah kekambuhan tersebut dapat berupa :

  1. Menghindari alergen/ pemicu munculnya keluhan tersebut.
  2. Melakukan pola hidup sehat dengan cara makan makanan bergizi, minum air putih minimal 2 liter setiap hari.
  3. Rutin berolahraga.
  4. Cukup istirahat.

Bila sering terjadi kekambuhan dan selalu minum obat hingga menimbulkan efek samping, maka perlu melakukan konsultasi ke dokter spesialis paru-paru, karena dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan dan akan menyesuaikan dosis obatnya.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat bantu pernapasan dibutuhkan oleh mereka yang sering sesak napas

Alat Bantu Pernapasan, Siapa Saja yang Membutuhkan?

Alat bantu pernapasan biasanya dibutuhkan oleh orang yang mengalami kondisi medis yang mengganggu pernapasan. Alat ini membantu pasien bernapas, terutama saat beraktivitas berat atau sedang tidur.