07 Jan 2019, 18:55Kandungan

Cara lancar haid dan menjaga mata minus

LJ
Info Penanya: LJ, Wanita, 20 Tahun
Halo Dokter, Saya saat ini sudah tidak haid selama 2 bulan lalu bagaiman menjaga supaya haid saya lancar, dan bagaimana menjaga agar minus mata tidak bertambah dok ?? thanks, Dok.
47214 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Ibu LJRS,Bila saat ini Ibu belum menikah, maka tidak mendapat haid selama 2 bulan mungkin saja terjadi karena ketidakseimbangan hormon wanita (Progesteron dan Estrogen) dalam tubuh. Sayang sekali informasi yang Ibu sampaikan tidak lengkap, seperti pada usia berapa Ibu pertama kali mendapat haid (Menarche). Karena pada awal – awal periode menstruasi memang siklus yang teratur pada wanita banyak yang belum terjadi. Nantinya dengan perkembangan fisik dan psikis, kesimbangan hormon dan pertumbuhan maksimal dari alat –alat reproduksi maka siklus menstruasi akan teratur. Puncak perkembangan ini tejadi pada saat kehamilan.Namun bila dirasakan ada keluhan lain yang menggangu, sebaiknya segera hubungi Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan terdekat untuk konsultasi lebih lanjut.Ukuran minus mata akan menetap atau sangat sedikit perubahannya bila telah mencapai umur 20 tahun. Kebiasaan baik untuk mencegah minus mata tidak bertambah adalah :
  • Membaca dengan jarak 40 sampai 45 cm dan dengan pencahayaan baik
  • Meng-istirahatkan mata bila bekerja didepan komputer, membaca terlalu lama, bermain game, menonton Tv dll.
  • Makan makanan yang mengandung banyak Vitamin A seperti Wortel.
  • Tetap memakai kacamata atau kontak lensa untuk tujuan pengobatan mata, bila menderita kelainan refraksi
Untuk melakukan koreksi pada mata minus, adalah dengan menggunakan kacamata dan Lensa kontak. Saat ini tindakan operasi dapat dilakukan untuk menghilangkan minus pada mata yaitu melalui prosedur operasi Keratotomi Radikal (Operasi pada Kornea Mata), Keratotomi Fotorefraktif, dan LASIK (Laser Assisted in Situ Interlamelar Keratomieusis).Saran kami sebelum mengambil keputusan untuk tindakan Medis apapun, sebaiknya hubungi Dokter Spesialis Mata terdekat  untuk melakukan Konsultasi terlebih dahulu.Salam Sehat
siklus haidhaidmenstruasikesehatan matarabun jauh
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil