26 Feb 2021, 23:40Psikologi

Adakah cara mengatasi bipolar?

DE
Info Penanya: DE0
Halo dok, saya perempuan 16 tahun dan sudah didiagnosa menderita bipolar (walaupun saya tidak yakin dengan hasil diagnosa dokter saya). saya sering tiba tiba memiliki suara yang sangat lamban saat kejadian tertentu (ditanyai guru/org baru), namun dalam pikiran saya berusaha untuk berbicara dengan lantang, namun hal tersebut tetap tidak bisa. sering juga apa yg ada dalam pikiran saya, tidak bisa saya ucapkan. dan kadang saya bicara terlalu cepat. Saya berhenti minum obat dan Konsul dg psikiater.
169 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang DEBipolar adalah keadaan dimana anda memiliki 2 emosi yang terjadi secara bergantian dan bersifat berlebihan. Terdapat emosi manik dan emosi depresi yang dapat berepisode secara bergantian atau berdekatan.

Fase Bipolar

Penyebab dari gangguan bipolar sendiri belum ada yang bisa memastikan, namun bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, lingkungan dan biologis. Terdapat beberapa fase pada bipolar yakni:
  • Bipolar I
    Adanya fase manic yang lebih dominan berlangsung selama kurang lebih 1 minggu. Pada fase manic akan terasa sangat bersemangat, bergembira, sangat percaya diri dan bisa melakukan apapun, berbicara banyak hal dan mudah teralihkan hingga melakukan hal-hal sembrono.
  • Bipolar II
    Dimana fase depresi lebih dominan dan diselingi dengan fase hipomanik yang berlangsung kurang dari 1 minggu. Dirasakan perasaan sedih, murung, tidak bersemangat, tidak percaya diri, hingga rasa ingin melukai diri sendiri.
  • Mix Bipolar
    Fase manic dan depresi terjadi secara bersamaan atau berdekatan

Mengetahui Kondisi Mental Diri

Untuk mengetahui seseorang mengalami bipolar tentunya harus dilakukan berbagai pemeriksaan dan tes psikologis oleh ahlinya melalu teknik wawancara. Bila anda merasa tidak percaya dengan dokter anda sebelumnya, anda bisa mencari second opinion dengan dokter spesialis kejiwaan (psikiater) lainnya mengenai kondisi anda. Kenali penyakit anda dan kondisi anda dengan banyak membaca berbagai artikel terkait dengan kondisi yang anda rasakan. Dengan anda mengenali kondisi anda dan mengikuti anjuran dokter anda maka tingkat kesembuhan akan lebih tinggi.Seseorang yang mengidap bipolar masih dapat beraktivitas dan berkarya layaknya orang-orang normal lainnya. Dukungan dari orang-orang sekitar juga sangat penting.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL   
bipolardepresigangguan mental
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil